March 29, 2024

Tidak terasa sudah 5 tahun lamanya, Tim Cook memegang jabatan CEO di Apple untuk menggantikan Steve Jobs. Beragam produk Apple dan inovasi terus dihadirkan tangan dingin Tim Cook dibantu para tim SVP lainnya. Berikut ini beberapa produk Apple yang menurut tim MakeMac masuk daftar paling fenomenal, banyak dibahas di dunia sepanjang 5 tahun ke belakang:

1. Apple Watch (2015)

Wearable device pertama dari Apple ini mengguncang dunia saat masa rilis pertamanya. Tidak pernah ada sejarah sebelumnya bahwa Apple akan melebarkan sayap teknologi digital yang dibuatnya ke perangkat aksesoris, perhiasan sekaligus pemantau kesehatan dan perpanjangan akses dari iPhone.

Kehadiran [Apple Watch][http://www.makemac.com/tag/apple-watch/] tidak lepas kaitannya dengan Angela Ahrendts, CEO Burberry yang bergabung ke Apple di jabatan Senior Vice President, Retail and Online Stores ketika artikel saya tulis. Bahkan dalam catatan yang pernah tim MakeMac bagikan, salah satu tujuan Apple menghadirkan Apple Watch adalah sebagai pemantau kesehatan – Steve Jobs sebagai inspirasi utamanya.

2. iPhone 5 (2012) dan iPhone 5s (2013)

Kedua perangkat iPhone ini adalah generasi pertama dari ponsel Apple yang tidak dirilis di era Steve Jobs. Ya, Steve Jobs meninggal tidak berapa lama setelah Apple meluncurkan iPhone 4s dengan teknologi Siri. Perubahan paling signifikan dari keduanya adalah ukuran diagonal layar 4 inci dan hadirnya teknologi keamanan TouchID di iPhone 5s.

Pada era awal iPhone 5 dirilis, banyak masalah yang dilaporkan pengguna. Mungkin jika kamu ingat, masalah baterai dan panas yang berlebihan adalah beberapa catatan yang akhirnya diperbaiki Apple pada generasi iPhone 5s. Hingga kini, Apple menggunakan standar keamanan Touch ID di iPhone dan iPad terbaru, yang diklaim tidak dapat diganti atau ditukar dengan milik perangkat lain.

3. iPhone 5c (2013)

Tahun 2013 menjadi catatan untuk pertama kalinya, Apple merilis 2 jenis iPhone secara bersamaan. Pertama adalah iPhone 5s dengan beragam teknologi baru seperti TouchID dan GPU yang lebih baik serta iPhone 5c yang menyasar pengguna usia muda karena beragam warna-warni cerah yang dibawa.

Perhatian terbesar pada saat itu adalah aksesori case dari iPhone 5c yang dianggap sangat tidak menarik. Menggunakan desain berlubang di bagian belakang dan terkesan tidak elegan. Adakah dari pembaca MakeMac yang menggunakan case tersebut?

4. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus (2014)

Sekali lagi, Tim Cook membuat perubahan fenomenal untuk produk Apple. Yaitu kehadiran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang menggunakan ukuran sangat besar – 4.7 inci dan 5.5 inci. Hal ini dipandang oleh sebagian orang sebagai tanda bahwa Apple mulai kehilangan arah dan kesan simple serta elegan yang selalu diusung Steve Jobs.

5. iPhone SE (2016)

Oke, setelah 2 tahun berturut-turut mengeluarkan iPhone dalam ukuran besar (iPhone 6/6 Plus lalu iPhone 6s/6s Plus). Apple kembali mengusung ukuran 4 inci dengan iPhone SE untuk tahun 2016. Pasaran Asia dan pengguna dengan ukuran tangan kecil tentunya menjadi incaran Apple. Sedangkan secara spesifikasi, iPhone SE membawa jeroan yang mendekati iPhone 6s dan part penunjang yang diambil dari teknologi hardware di iPhone 5s. Itulah kenapa perangkat ini diberi nama iPhone SE (Special Edition) seperti pada era Macintosh SE.

6. iPad Mini (2012)

Tim Cook mengubah lini iPad di tahun 2012 menjadi 2 ukuran. Yaitu iPad dengan ukuran 9.7 inci (iPad 3 dan seterusnya) dan iPad Mini yang mengusung ukuran 7.9 inci. Tidak sekedar ukuran lebih kecil, iPad Mini juga hadir dengan beragam kelebihan pada saat itu. Seperti port Lightning, bentuk lebih tipis dan tetap tersedia dalam 2 jenis (Wifi Only dan Wifi + Cellular).

Kini iPad Mini sudah masuk ke generasi 4. Spesifikasinya dibuat setara dengan iPad Air 2. Yaitu mengusung RAM ekstra lega, mendukung Split View di iOS 9 dan tentunya kualitas layar yang semakin tajam.

7. iPad Pro (2015)

Perangkat tablet iPad Pro pertama kali dikenalkan pada tahun 2015. Fitur utama yang ingin dibawa oleh Tim Cook adalah iPad Pro sebagai pengganti komputer, alat menggambar digital dan juga komposer musik serta alat editing video on the go.

Revolusi terbesar yang hadir bersama iPad Pro adalah Smart Keyboard dan Apple Pencil. Smart Keyboard adalah case sekaligus keyboard eksternal untuk iPad Pro dengan ukuran yang sangat tipis karena menggunakan daya dari Smart Connector di iPad Pro. Sedangkan Apple Pencil adalah perangkat input ekstra cerdas dengan teknologi palm rejection, sensor tekanan dan arsiran untuk memudahkan pada artis atau pelukis dalam menggambar.

8. MacBook Pro Retina Display (2012)

Barisan komputer MacBook Pro mendapatkan update yang sangat menarik di tahun 2012. Yaitu kualitas layar ekstra tajam dengan teknologi Retina Display yang dibawa dari perangkat iPhone. Ditambah kecepatan akses yang meningkat tajam berkat penggunaan Flash Storage sebagai pengganti Hard Drive. Apple juga mulai meninggalkan super drive atau slot dvd di generasi MBPr.

Kini MacBook Pro Retina Display masih menjadi kategori komputer Mac portabel paling superior. Dengan ukuran 13 dan 15 inci, kamu bisa memilih diantara keduanya berdasarkan ukuran layar dan kartu grafis yang digunakan. Sebagai tambahan, Apple juga sudah memberikan teknologi Force Touch Trackpad di MBPr mulai tahun 2015 ya.

9. MacBook 12 Inci (2015)

Ukuran kompak, layar Retina Display dan jeroan tanpa kipas. Itulah si MacBook 12 inci. Komputer Mac portabel yang kembali hadir dalam beberapa warna setelah terakhir kali diusung oleh iBook G3 Clamshell,hadir di tahun 2015. Pembicaraan paling fenomernal mengenai komputer Mac dengan harga mendekati 20 juta Rupiah ini adalah port USB-C.

Ya, untuk pertama kalinya Apple hanya menyisakan 2 port eksternal di sebuah komputer portabel – USB-C sebagai port serbaguna (charging dan transfer data) serta headphone jack 3.5 mm. Namun Apple juga memberikan solusi untuk hal ini lewat sebuah adapter USB-C, tentunya dengan harga yang tidak murah

10. iMac 5K (2014)

Komputer iMac yang di tahun 2014 sudah cukup lama tidak mendapatkan wajah baru, ketika itu langsung tampil dengan spesifikasi menawan. Yaitu ukuran layar 27 inci yang mendukung resolusi 5K dan beragam teknologi terbaru di bidang kartu grafis serta kecepatan processing. Generasi iMac 5K menjadikan Apple sebagai pembuat komputer sekaligus monitor dengan resolusi 5K yang harganya jauh lebih murah dibandingkan merek lain – bahkan untuk harga monitor 5K saja.

Kini iMac juga hadir dalam resolusi 4K yang menggunakan ukuran diagonal layar 21.5 inci. Hadir juga iMac versi ekonomis untuk kalangan sekolah yang menggunakan CPU hanya 1.6Ghz dual‑core Intel Core i5 dan dibanderol menggunakan harga $1099.

Sumber: Make Mac

About Author