3 Cara Menghapus Virus dan Malware di Smartphone Android

Kabarnya, karena menggunakan sistem operasi open source, Android menjadi salah satu platform yang paling rentan terhadap serangan malware dan virus. Ingat kasus ransomware WannaCry kemarin? Meski belum menyerang smartphone, tapi jika kamu pengguna smartphone Android seperti Jaka, ada baiknya kamu menethaui cara menghapus virus dan malware dari smartphone Android milikmu.

Tanda Smartphone Kena Virus dan Cara Mencegahnya

Sebelum mengetahui cara meneghapus virus dan malware di smartphone Android, ada baiknya kamu tahu tanda-tanda smartphone yang kena virus. Adapun tanda-tandanya yaitu:

  • Muncul iklan pop-up gak jelas yang menggangu
  • Sering mengirim atau menerima SMS aneh
  • Baterai smartphone terasa lebih boros dari biasanya
  • Smartphone jadi lemot, padahal RAM masih lapang dan sedikit aplikasi yang digunakan
  • Kuota cepat habis
  • Waktu booting lebih lama dari biasanya

1. Membeli Antivirus

Kamu mungkin bertanya-tanya, “Penting gak sih Antivirus di smartphone Andorid?“. Jika kamu memiliki smartphone dengan RAM dan memori internal yang luas, maka Jaka bilang penting. Dengan memori internal yang luas, akmu pasti gemar download dan install banyak aplikasi gratisan dari luas Google Play Store kan? Dan ini bahaya.

cara-hapus-malware-android-6

Nah, jika smartphone yang kamu miliki dibekali RAM besar (minimal 2GB), ada baiknya kamu beli aplikasi Antivirus. Kenapa harus beli? Pasalnya jika kamu men-download aplikasi Antivirus gratisan, pasti fiturnya terbatas. Unlock semua fitur itu dengan membeli yang resmi, jangan download dari sumber lain yang tidak terpercaya, sehingga smartphone kamu akan aman.

cara-hapus-malware-android-5

Sampai sekarang, AVG AntiVirus PRO Android Security adalah favorit Jaka. Kamu bisa mencoba versi free-nya jika mau. Download APK AVG Antivirus Free.

2. Gunakan Fitur Keamanan Smartphone

cara-menghapus-virus-di-android

Smartphone Asus dan Xiaomi biasanya telah dibekali dengan fitur keamanan khusus, namanya bisa Security atau Mobile Manager. Nah, fitur ini mendukung Antivirus bawaan smartphone yang sangat efektif untuk memindai dan menghapus virus di smartphone.

3. Masuk Safe Mode

Jika kamu ragu membayar aplikasi Antivirus untuk Android, masih ada kok cara lain yang gratis, yakni dengan masuk Safe Mode. Namun ini biasanya hanya akan efektif jika smartphone kamu benar-benar telah terinfeksi malware. Cara masuk Safe Mode tiap perangkat berbeda-beda, kamu bisa gunakan Mbah Google untuk mencari tahunya. Jika smartphone kamu sudah di-root, masuk ke Safe Mode akan lebih mudah dengan bantuan aplikasi Quick Reboot.

cara-hapus-malware-android-3

Setelah Android kamu masuk Safe Mode, kamu bisa mencari daftar aplikasi mencurigakan yang tidak pernah kamu install di menu Settings – Applications. Selanjutnya hapus aplikasi tersebut. Untuk lebih lengkap cara menghapus malware dengan cara ini bisa kamu baca di artikel Cara Menghilangkan Virus di Android Kamu Tanpa Antivirus.

cara-hapus-malware-android-2

Nah, itu dia tiga cara mudah untuk menghapus virus dan malware di smartphone Android. Karena Jaka yakin di smartphone kamu pasti banyak data penting, makanya yuk hapus virus di Android kamu!

Sumber: Jalan Tikus