April 20, 2024

Bagi kamu yang belum tahu, iOS 11 kini sudah dapat diunduh oleh pengembang terdaftar di Apple Developer. Saya pribadi tidak menyarankan kamu untuk menggunakan iOS 11 Developer Beta 1 pada perangkat iOS utama yang digunakan sehari-hari. Masih ada beberapa bug system dan mungkin saja hal tersebut dapat mengganggu produktivitas kamu dalam menggunakan iPhone atau iPad.

1. Dukungan untuk Aplikasi 32-bit

Apple menghentikan dukungan untuk aplikasi dengan arsitektur 32-bit secara sepenuhnya di iOS 11. Pengguna tidak bisa menemukan aplikasi tersebut di App Store, bahkan jika sudah terinstal juga tidak akan bisa dibuka. Hal ini tentunya mengacu pada sistem operasi iOS 11 yang hanya dibuat dalam mode 64-bit.

Sebagai tambahan catatan, update iOS 11 juga tidak bisa diinstal pada daftar perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch yang hanya dapat berjalan di mode 32-bit ya. Seperti iPhone 5, iPhone 5c, iPad Mini generasi pertama dan beberapa lainnya. Simak catatan lengkap dari daftar perangkat yang mendukung iOS 11.

2. Refresh App Store dengan Cara Rahasia

Sudah pernah membaca cara rahasia untuk refresh App Store dengan menekan tab Featured sebanyak 9x di iOS 10? Fitur ini sekarang sudah dihapus oleh Apple karena perubahan daftar tab di App Store iOS 11. Lagipula Apple juga sudah mengubah tampilan App Store dengan tab Today untuk mempermudah kamu melihat daftar aplikasi dan games terbaru yang bisa kamu unduh.

3. Aplikasi iCloud Drive

Karena kehadiran aplikasi Files, Apple menghapus aplikasi iCloud Drive untuk kamu pengguna iOS 11. Fitur dari app Files bisa dibilang lebih lengkap karena mendukung integrasi ke layanan cloud service selain iCloud dan juga mode Extensions yang dibahas Apple dalam Keynote WWDC 2017.

4. Integrasi Sosial Media di Settings

Di iOS 10 kamu dapat menemukan integrasi pengaturan Facebook, Twitter, Flicker dan Vimeo di app Settings. Namun nantinya di iOS 11, keempat sosial media tersebut tidak mendapatkan hak istimewa lagi dari Apple. Semuanya akan berjalan seperti aplikasi sosial media lainnya dengan mode Share Extensions yang selama ini kamu kenal.

5. Control Center dengan 2 Jendela Tampilan

 Photo by. iSandeLuckyx22
Photo by. iSandeLuckyx

Di iOS 10, kamu bisa menemukan Control Center dengan 2 jendela tampilan. Pertama adalah semua pengaturan seputar koneksi, volume dan fitur lainnya, lalu halaman kedua untuk pengaturan musik atau koneksi ke speaker atau earphone. Ciri khas ini sudah ada sejak iOS 7 dengan beberapa perubahan minor dan Apple mengubah semuanya di iOS 11.

Yaitu menggunakan Control Center yang bersifat modular alias bisa dimatikan untuk bagian yang tidak kamu perlukan dan juga bentuk yang memenuhi layar serta sebuah fitur baru yaitu Screen Recording. Kamu dapat membaca catatan lengkap mengenai mode Screen Recording di iOS 11 dalam artikel sebelumnya.

 Sumber: Make Mac

About Author