April 19, 2024

Education concept: smartphone with text Learn English on display. Mobile smart phone on White background, cell phone 3d render

Jika dulu banyak orang belajar kosa kata hanya dari buku, lagu, dan film, maka kini hal itu tidak berlaku lagi. Pasalnya seiring perkembangan teknologi, bermunculan berbagai sarana baru. Salah satunya melalui aplikasi belajar bahasa Inggris untuk smartphone Android dan iOS.

Aplikasi-aplikasi ini didesain khusus untuk membantu memperkaya kosa kata penggunanya dengan cara yang asyik. Beberapa di antaranya malah dilengkapi dengan metode gamifikasi untuk mengurangi rasa jenuh pengguna. Jadi selain kamu belajar kosa kata baru, kamu juga akan mendapatkan program latihan yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk memastikan belajar bahasa Inggris dengan efektif.

Nah, bagi yang tertarik ingin mencobanya, kamu bisa menyimak daftar aplikasi penambah kosa kata bahasa Inggris di bawah ini.

1. Magoosh Vocabulary Builder

Magoosh vocabulary | Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Magoosh menawarkan kuis sebagai sarana memperkaya kosa kata bahasa Inggris. Kamu akan diminta memilih kata yang memiliki arti yang sama dari lima pilihan. Misalnya kata economical memiliki arti yang sama dengan avoiding waste.

Jumlah kosa kata yang dapat kamu pelajari dalam satu kuis bervariasi, tergantung dari levelnya. Level pertama hanya memiliki sepuluh kosa kata, level kedua dua puluh kosa kata, dan seterusnya. Pengguna juga bisa membuat akun Magoosh Vocabulary Builder untuk menyimpan progres latihan bahasa Iggris yang telah dilakukan.

Download :

en_badge_web_generic index

2. VoLT

aplikasi vocabulary | screenshot 2

VoLT menawarkan metode belajar bahasa Inggris menarik yang disebut dengan Memory Key. Setiap Memory Key dilengkapi dengan ilustasi, makna kata, cara pengucapan, antonim, sinonim, penggunaan, hingga cara mengingatnya.

Misalnya untuk mengingat kata devilry, kamu akan diberitahu mengenai asal kata pembentuknya yaitu dari kata evil dan devil. Jadi maknanya bisa berarti nakal atau jahat.

Untuk sinonimnya ada rascality dan misbehaviour, sedangkan antonimnya yaitu humanity, clemency dan mercifulness. Contoh penggunaan kata ini ada pada kalimat children always get into some devilry in schools.

Dengan informasi selengkap ini, diharapkan pengguna lebih mudah mengingat dan dapat menggunakan kata tersebut dengan tepat. VoLT juga menyediakan fitur Revise Word yang berguna untuk menyimpan kosa kata yang dianggap penting.

Menu yang terakhir yaitu Take Test. Ada lima kategori Test yang dapat kamu coba seperti Synonyms, Antonyms, Meanings, Fill in The Blanks, dan Random. Setiap kategori dibekali oleh ratusan pertanyaan. Lebih dari cukup untuk menguji kemampuanmu.

Download :

en_badge_web_generic

3. Vocab Builder

Vocab Builder | Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Simpel. Kesan ini langsung muncul ketika membuka Vocab Builder. Hanya ada tiga menu yang tersedia yaitu Learn Words, Test ‘n’ Learn dan Bookmarks. Menu yang pertama berisi kumpulan kosa kata bahasa Inggris yang diurutkan berdasarkan abjad. Tampilannya mirip dengan kamus.

Menu yang selanjutnya, Test ‘n’ Learn, merupakan tempat menguji penguasaan kosa kata kamu. Ada 50 Test yang dapat kamu coba. Dimana masing-masing Test terdiri atas 10 soal sederhana. Kamu hanya perlu memilih salah satu kata yang tepat untuk melengkapi sebuah kalimat.

Menu Bookmarks merupakan menu yang terakhir di Vocab Builder. Fungsinya untuk menyimpan kata-kata yang kamu sukai. Kelebihan aplikasi ini yaitu tidak membutuhkan koneksi internet dan tidak ada iklan.

Download :

en_badge_web_generic

4. Learn English Vocabulary

Learn English | Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Aplikasi ini menyediakan materi pembelajaran bahasa Inggris yang dibagi menjadi delapan level Lesson. Setiap level terdiri atas beberapa Lesson dengan tema khusus, misalnya tubuh manusia, sekolah, negara, lingkungan dan lain sebagainya. Total ada ratusan kosa kata yang dapat kamu pelajari dalam satu level Lesson.

Menariknya, Learn English Vocabulary menyediakan fitur Game dan fitur Test untuk menjajal kemampuan penggunanya. Ada beberapa games yang bisa kamu coba di sini, seperti menyusun huruf dan tebak-tebakan. Sementara itu, fitur Test berguna untuk mengecek pengucapan sebuah kata, apakah sudah tepat atau belum.

Selain dua fitur di atas, kamu juga perlu mencoba fitur Chatting. Fitur ini mungkin yang paling menarik di Learn English Vocabulary. Pasalnya kamu bisa ngobrol langsung dengan orang asing. Jadi kamu tidak hanya belajar kosa kata saja, namun juga mempraktikannya. Menarik kan?

Download :

en_badge_web_generic index

5. Jhony Grammar

Jhony Grammar | Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Bermain bahasa Inggris sambil belajar. Kedua hal ini yang ditawarkan Jhony Grammar. Kamu akan diminta untuk menjawab pertanyaan sebanyak-banyaknya dalam tempo 60 detik. Sebelum itu, kamu perlu memilih tema pertanyaan terlebih dahulu. Ada tiga tema yang dapat dipilih yaitu Grammar, Words, dan Spelling.

Kamu akan mendapatkan sejumlah poin ketika berhasil menjawab sebuah pertanyaan. Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan Badges sekaligus menaikan peringkat di Leaderboard. Agar lebih seru, Jhony Grammar menyediakan tiga tingkat kesulitan yaitu Easy, Medium dan Hard.

Download :

en_badge_web_generic index

Sumber: Tech in Asia

About Author