April 25, 2024

Pernahkah kamu merasa cemas? Biasanya kondisi ini menyelimuti saat berada di kondisi menegangkan seperti menghadapi ujian, ataupun ketika akan melakukan presentasi di depan klien. Pada beberapa orang, rasa cemas bahkan bisa menimbulkan gangguan fisik dan emosional, seperti keringat dingin, rasa nyeri di dada, bahkan depresi. Rasa cemas tentu mengganggu, salah satu solusi untuk mengatasinya adalah berkonsultasi ke dokter. Namun untuk kamu yang enggan atau merasa belum perlu ke dokter, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu jajal untuk “melawan” rasa cemas.

1. SAMApp

kumpulan aplikasi cemas | images 1

SAMApp merupakan hasil kolaborasi antara University of The West of England dengan My Oxygen, dan Bistol.  Fitur unggulan SAMApp yaitu Social Cloud. Konsepnya mirip dengan media sosial, pengguna bisa membuat post sekaligus memberikan komentar. Namun post yang boleh dibagikan hanya yang berkaitan dengan kecemasan saja.  Bisa dikatakan Social Cloud merupakan ruang berbagi dukungan dan pengalaman dalam mengatasi kecemasan. Kamu juga dapat memanfaatkan menu Self-help Tools yang berisi tip mengatasi kecemasan dari sesama pengguna SAMApp.

1

2. Pacifica

kumpulan aplikasi cemas | images 2

Jika kamu butuh aplikasi untuk mengatasi rasa cemas yang interaktif, cobalah Pacifica. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur menarik, mulai dari melacak mood, relaksasi, hingga chatting dengan sesama pengguna. Fitur Relax Now merupakan fitur yang wajib kamu coba. Fitur ini akan membantu menenangkan pikiran dengan beragam metode, seperti Deep Breathing yang akan mengajarimu teknis bernapas, hingga Unguided Meditation yang akan memperdengarkan suara-suara alam. Sayangnya, tidak semua fitur di aplikasi ini tersedia cuma-cuma. Kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp49 ribuan perbulan atau Rp373 ribuan pertahunnya untuk membuka semua fitur.

2

3. 7 Cups

kumpulan aplikasi cemas | images 3

Aplikasi ini tidak hanya membantu kamu mengatasi rasa cemas, tapi juga menawarkan teman curhat dengan sesama pengguna. Kamu bisa berkeluh kesah mengenai berbagai masalah kepadanya, tanpa perlu khawatir bocor. Pasalnya 7 Cups tidak meminta identitas diri kamu. Jadi rahasia kamu akan tetap terjaga. Pengguna 7 Cups juga wajib mencoba menu My Growth Path. Menu ini berisi 7 tantangan yang dapat membantu kamu mengatasi rasa cemas. Setiap tantangan terdiri atas pertanyaan sederhana, misalnya apa yang kamu syukuri?

3

4. End Anxiety

kumpulan aplikasi cemas | screenshot 4

Bila kamu menginginkan penanganan End Anxiety. Aplikasi ini menawarkan hipnosis sebagai fitur utama. Uniknya, hipnosis yang ada di End Anxiety merupakan gabungan dari tiga fitur, yaitu Voice, Hypnotic Booster, dan Background. Fitur Voice akan memberikan sugesti kepada pengguna, sedangkan fitur Hypnotic Booster akan memperdengarkan kombinasi beberapa frekuensi suara khusus yang akan membantu sugesti lebih dapat diterima. Fitur yang terakhir, Background Sounds, akan menyajikan musik khusus yang membantu pengguna lebih rileks. Pengguna juga bisa mematikan fitur-fitur yang dianggap mengganggu proses hipnosis. Sayangnya, fitur Hypnotic Booster hanya bisa dinikmati pengguna End Anxiety versi penuh. Harganya sebesar Rp 34 ribuan. Pengguna juga akan mendapatkan fitur tambahan, seperti menonaktifkan audio instruksi, mendapatkan tambahan Background Sounds, dan lain sebagainya.

5. What’s Up?

kumpulan aplikasi cemas | images 5

What’s Up? tidak hanya membantu mengatasi rasa cemas, namun juga berbagai masalah seputar kesehatan mental, seperti depresi, tekanan kejiwaan, mengatasi rasa marah, dan membangun kepercayaan diri. Ada empat menu utama di What’s Up? yaitu Help Right Now, Coping Strategies, Information, dan Personal. Menu Help Right Now berisi kumpulan teknik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan mental, misalnya melalui game tebak-tebakan. Namun jika dirasa kurang memadai, pengguna bisa memanfaatkan menu Coping Strategies. Menu ini menawarkan empat metode untuk menghadapi beragam pikiran buruk yang muncul. Sedangkan menu Information menyediakan informasi lebih lanjut mengenai masalah kesehatan mental. Menu yang terakhir, Personal, akan mencatat berbagai kebiasaan positif dan negatif yang biasa kamu lakukan di keseharian.

5

Sumber: Tech in Asia

About Author