April 26, 2024

Baru belajar mengembangkan aplikasi Android? Bingung mulai dari mana atau tidak punya inspirasi? Berikut ini adalah daftar sumber website yang dapat membantu Anda mengembangakan Aplikasi Android:

Mempersiapkan Tools

android-developer-tools

Langkah awal untuk mengembangkan aplikasi Android – tentu saja – adalah memasang tools, yang diperlukan.

Pertama untuk Integrated Development Enviroment atau IDE. IDE adalah software khusus dengan fitur lengkap yang digunakan para programer untuk mengembangkan aplikasi. Mengingat bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android adalah Java, ada tiga pilihan IDE yang bisa Anda gunakan yaitu:


Selanjutnya untuk menjalankan aplikasi Android. Apabila Anda tidak punya smartphone Android, Anda bisa menggunakan alternatif dari Android emulator yaitu Genymotion. Emulator ini memberikan performa yang jauh lebih baik dari Android emulator sehingga pengembangan aplikasi Anda menjadi lebih cepat. Genymotion menyediakan banyak jenis perangkat dan versi Android yang bisa Anda pasang, sehingga Anda bisa dengan mudah menentukan target aplikasi Anda. Selain itu Genymotion memiliki fitur lengkap seperti kompas, daya baterai, hingga Gyroscope yang digunakan untuk menentukan orientasi perangkat.

Artikel & video tutorial membuat aplikasi Android

Setelah memasang tools yang dibutuhkan selanjutnya adalah membuat aplikasi Android. Bagi Anda yang baru belajar Android atau bingung memulai dari mana, berikut ini adalah daftar website yang menyediakan tutorial pengembangan Android untuk pemula:

Selain website tutorial di atas, Anda juga bisa belajar melalui video-video tutorial berikut:

Percepat pengembangan aplikasi dengan Library

android-library

Contoh library Android float labeled text

Karena Android bersifat open source ada banyak Library yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah dan mempercepat pengembangan aplikasi Android. Library adalah seperangkat kode yang berisi fungsi-fungsi tertentu. Sebagai contoh, Anda ingin membuat sistem pull-to-refresh seperti pada aplikasi Twitter dimana pengguna cukup menarik ke bawah untuk me-refresh tweet terbaru. Anda bisa menggunakan library Action Bar pull-to-refresh dan menarik fungsi-fungsi yang telah disediakan sehingga Anda tidak perlu membuat sistem pull-to-refresh dari awal yang tentu saja tidak mudah.

Mengingat banyaknya library, Android Arsenal adalah website direktori yang menyediakan banyak library Android sehingga Anda tidak perlu lagi mencari satu per satu melalui Google.

User interface dan user experience

Salah satu hal penting dalam membuat aplikasi adalah tampilan atau user interface dan pengalaman menggunakan atau user experience aplikasi tersebut. Berikut adalah website yang bisa Anda gunakan untuk belajar dan mendapatkan inspirasi mengenai UI dan UX.

android-niceties

Android Niceties merupakan website yang menyediakan koleksi screen shot aplikasi-aplikasi Android yang memiliki tampilan cantik.

android-ui-ux

Website milik Taylor Ling salah satu desainer profesional Android ini menyediakan sumber lengkap tentang UI & UX seperti tips, mendesain navigasi Android, dan lainnya.

android-asset-studio

Ada banyak ukuran perangkat Android mulai dari 4, 5, hingga 11 inci dengan resolusi yang beragam. Mendesain aset satu per satu bukanlah hal yang mudah. Anda bisa menggunakan Android Asset Studio. Melalui website ini Anda dapat mendesain aset-aset yang diperlukan dalam pengembangan Android dengan mudah untuk semua perangkat seperti ikon aplikasi, navigasi, dan notifikasi.

android-holo-generator

Website ini membantu Anda memilih warna komponen aplikasi Android sesuai dengan sistem tema Android yang disebut Holo. Komponen tersebut sepertibutton, spinner, check box, dan lainnya.

Berita seputar pengembangan Android

android-weekly

Sumber terakhir, agar tetap up-to-date Anda bisa mengunjungi Android Weekly dan berlangganan buletin (newsletter) gratis. Setiap minggunya, website ini merangkum berita-berita mengenai pengembangan Android mulai dari artikel dan tutorial, desain, pekerjaan, hingga berita-berita terbaru seputar perkembangan Android.

About Author