6 Detail Penting di Apple Pencil Generasi 2

Apple Pencil generasi kedua dikenalkan bersama dengan iPad Pro 2018 di Apple Event Oktober lalu. Ada beberapa detail menarik dari Apple Pencil ini dan mungkin termasuk cukup rahasia karena tidak dibahas dalam acara tersebut.

Berikut ini beberapa detail dari Apple Pencil generasi kedua yang harus kamu tahu. Simak langsung ya!

6 Detail Penting di Apple Pencil Generasi 2

1. Hanya Mendukung iPad Pro 2018

Perangkat Apple Pencil generasi kedua hanya dapat digunakan pada perangkat iPad Pro tahun 2018, baik ukuran 11 inci atau 12.9 inci. Pengguna iPad Pro 10.5 inci, iPad Pro 12.9 (tahun 2017 dan 2016), dan iPad generasi 6 tidak dapat menggunakan aksesoris Apple Pencil generasi kedua.

Sedangkan jika kamu masih menyimpan Apple Pencil generasi pertama, perangkat tersebut tidak dapat digunakan di iPad Pro generasi terbaru.

Apple memang tidak memberikan penjelasan untuk alasan pembatasa dukungan Apple Pencil tersebut. Namun opini saya, hal ini dilakukan karena Apple Pencil lawas menggunakan Lightning Port untuk mengisi baterai. Sedangkan iPad Pro baru sudah menggunakan port USB-C.

2. Isi Baterai dengan Wireless Charging

Jika Apple Pencil lawas punya port Lightning di bagian atas dan bisa dihubungkan ke iPad Pro untuk pengisian baterai yang terlihat aneh, hal ini resmi hilang di Apple Pencil generasi baru.

Apple menggunakan sistem Wireless Charging di Apple Pencil dengan cara yang sangat sederhana. Yaitu tempelkan ke bodi samping kanan dari iPad Pro 2018. Bagian ini punya magnet yang akan membuat Apple Pencil tetap lekat sembari mengisi baterai.

Teknologi ini bisa dibilang multifungsi karena kamu bisa mengisi baterai Apple Pencil saat tidak digunakan dan posisinya selalu dekat dari iPad Pro.

3. Harga Lebih Mahal

Jika Apple Pencil generasi pertama dijual dengan harga $99, Apple Pencil generasi kedua punya harga lebih mahal. Apple memberikan label harga $129 atau sekitar 1.9 juta Rupiah.

 

4. Mendukung Kustomisasi Grafir di Apple Online Store

Karena ada sisi datar di Apple Pencil yang digunakan untuk melekatkan ke iPad Pro, Apple memberikan layanan personalisasi untuk Apple Pencil generasi kedua.

Yaitu grafir dengan laser untuk kustomisasi nama atau ucapan pada perangkat Apple Pencil generasi kedua. Layanan ini tersedia secara gratis dan hanya dapat dilakukan jika kamu membeli Apple Pencil lewat Apple Online Store.

5. Tidak Ada Suku Cadang “Tips” Tambahan

Tips atau ujung Apple Pencil yang bersentuhan langsung dengan layar iPad Pro, kini tidak diberikan lagi dalam bentuk tambahan. Apple menjual 4 Tips Apple Pencil di Apple Online Store jika kamu memerlukannya. Aksesoris ini dijual dengan harga $19.

Padahal jika dilihat secara harga produk, Apple Pencil generasi 2 dijual lebih mahal dibandingkan generasi pertama. Namun tidak ada aksesoris suku cadang seperti yang diberikan pada generasi pertama.

6. Mendukung Double Tap

Bagian paling menarik dari Apple Pencil generasi kedua adalah fitur Double Tap. Secara default, mode Double Tap dapat digunakan untuk mengubah Brush ke mode Eraser alias penghapus saat kamu menggambar di aplikasi Notes.

Caranya adalah sentuh bagian Apple Pencil 2x berturut-turut sebagai shortcut rahasia tersebut. Nantinya para pengembang aplikasi dapat menggunakan fitur ini dan pengguna bisa membuat kustomisasi penggunaan double tap sesuai selera.

Sumber: Make Mac