April 19, 2024

Tren media sosial bergeser ke arah pilihan konten video yang disajikan secara live oleh para pengguna internet. Beberapa startup yang beroperasi di Indonesia memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk menyiarkan video secara langsung, sehingga kini live streaming bukan “milik” para selebriti saja. Beberapa startup dalam artikel ini menyediakan platform live streaming yang menghubungkan sesama pengguna, atau host dengan follower mereka. Ditambah dengan iming-iming pendapatan, keberadaan layanan semacam ini menarik minat netizen untuk mencobanya.

1. Periscope

Periscope Event Forbes | ImageTwitter meluncurkan aplikasi Periscope pada awal 2015. Tujuan utama Periscope pada awalnya adalah untuk memberi kemudahan penggunanya melakukan live show pada acara-acara yang bergengsi. Namun dengan tren video selfie yang kian populer, fungsinya bergeser untuk pamer kegiatan sehari-hari dengan follower.

Pengguna bisa langsung berinteraksi dengan penonton melalui fitur Comment saat live show berlangsung. Semakin banyak Heart yang didapat dari pengguna lainnya, Twitter bisa lebih banyak memberi peringkat pada profil tersebut.

Download Aplikasi Periscope:

en_badge_web_generic index

2. Snapchat

Menggunakan Aplikasi Snapchat | Ilustrasi

Aplikasi Snapchat menjadi favorit digunakan di banyak negara karena variasi filter yang dimiliki menjadi daya tarik utama. Pengguna bisa menggunakan filter tersebut untuk video selfie yang lebih menarik untuk berkomunikasi dengan follower. Selain video selfie dan banyaknya filter yang dimiliki, Snapchat juga menawarkan beragam emoji dan variasi teks dalam setiap momen. Ditambah dengan beragam pembaruan dari Snapchat, pengguna bisa merekam momen video selfie sekreatif mungkin.

Download Aplikasi Snapchat:

en_badge_web_generic index

3. BIGO LIVE

bigo-feat-image

Aplikasi BIGO LIVE masih populer di Indonesia dengan banyaknya artis yang menggunakan dan share di media sosial milik mereka. BIGO LIVE merupakan karya dari developer asal Singapura yang dirilis pada 12 Maret 2016. Data dari AppAnnie menyebut bahwa aplikasi BIGO LIVE telah mendapat lebih dari 50 juta unduhan di seluruh dunia. Aplikasi ini tersedia untuk platform Android dan iOS. Cara kerja aplikasi ini hanya membutuhkan email atau akun Facebook untuk registrasi, dan pengguna bisa langsung live show. Selanjutnya bila ada pengguna lainnya yang memberi Gift berupa bunga, wine, atau gold, pembuat live show bisa menukarkan dengan uang asli.

Download Aplikasi Bigo Live:

en_badge_web_generic index

4. Nonolive

Nonolive | Screenshot

Nonolive merupakan platform yang menyediakan deretan host wanita cantik untuk menampilkan live show di situsnya. Platform dari developer asal Cina ini secara resmi resmi meluncurkan aplikasi untuk Android dan iOS sejak Mei 2016. Sejauh ini AppAnnie mencatat bahwa terdapat lebih dari lima juta unduhan untuk aplikasi Nonolive. Deretan host cantik yang melakukan live show di Nonolive bisa mendapatkan penghasilan lebih dengan banyaknya gift dari pengguna lainnya yang diterima. Dalam situsnya, terdapat sekitar 25 host yang melakukan live show di rentang waktu berbeda.

Download Aplikasi NonoLive:

en_badge_web_generic index

5. #fame

Fame Live | Image 1

#fame merupakan startup asal India yang mulai mendarat di Indonesia pada akhir Februari 2016. Melalui laman Facebook mereka, #fame menggandeng para selebriti Indonesia untuk melakukan penetrasi produk. Keunggulan yang diangkat oleh #fame adalah kemudahan untuk langsung berinteraksi dengan video live melalui situs atau aplikasi smartphone. Pengguna bisa melakukan chat interaktif dengan selebriti yang melakukan sesi live show. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan live show hanya dengan melakukan registrasi dengan pilihan akun media sosial, seperti Facebook, Twitter, atau email yang dimiliki.

Download Aplikasi Fame:

en_badge_web_generic index

6. CliponYu

CliponYu | Image 1

Layanan yang menonjolkan para host yang terdiri dari wanita cantik ini sudah tersedia di Indonesia sejak Agustus 2014. Platform CliponYu kini telah berkembang untuk menyiarkan vlog, singkatan dari video blog, yang dibuat para host. Sebelumnya, para host hanya memutarkan lagu dan membalas chat dari para pengunjung live room mereka. Selain lewat situsnya, CliponYu dapat diakses melalui aplikasi yang hanya memungkinkan pengguna melakukan chat dan menonton host saat live show. Untuk bisa menjadi host, pengguna harus mendaftar terlebih dulu terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna bisa langsung broadcast atau siaran secara live. Pihak CliponYu pernah menjelaskan bahwa terdapat merchandise store yang dapat dikirimkan pengguna kepada host sebagai hadiah. Dari sinilah host meraih sumber pendapatan. Setelah setahun beroperasi, CliponYu mengklaim bahwa terjadi kenaikan pengunjung sebesar dua kali lipat dengan total 3,5 juta pengunjung terdaftar dan lebih dari satu juta pengunjung aktif.

Download Aplikasi Cliponyu:

en_badge_web_generic index

7. Zeemi

screenshot zeemi

Zeemi.tv telah beroperasi di Indonesia sejak 2014 silam. Pada awal peluncurannya, Zeemi merupakan platform yang menyediakan konten video live dari para selebriti. Pengguna berinteraksi dengan idola mereka menggunakan stiker dan hadiah virtual lainnya. Kemudian di 2015 Zeemi mulai beralih menjadi penyedia platform live video yang bisa digunakan oleh siapa saja. Beberapa waktu lalu, Zeemi mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna langsung terhubung dengan komunitasnya. Melalui pembaruan ini, pengguna bisa mengirim pesan dengan fitur live chat di aplikasinya. Zeemi mengklaim bahwa dengan fitur ini pengguna akan semakin mudah berkomunikasi dengan komunitasnya, baik secara online maupun offline dalam. Meski telah beroperasi sejak 2014, Zeemi hanya mengantongi ribuan pengguna aktif setiap harinya. Pihak Zeemi berharap fitur ini mampu mendongkrak jumlah pengguna.

Download Aplikasi Zeemi:

en_badge_web_generic index

8. Siaranku

Siaranku | Image 1

Platform Siaranku, telah beroperasi di Indonesia sejak akhir 2014, memiliki layanan hampir serupa dengan CliponYu. Para host yang mayoritas terdiri dari wanita cantik memberi hiburan kepada pengunjung. Mereka juga dapat langsung berinteraksi melalui live chat. Untuk menjadi host pengguna diharuskan mendaftar melalui tautan ini. Selanjutnya, pengguna tinggal mengikuti instruksi yang dikirimkan via email. Mirip seperti CliponYu, pendapatan bagi host ditentukan dari banyaknya stiker dan virtual gift yang diberikan pengunjung saat mereka “tampil.” Dengan rentang waktu satu tahun, Siaranku mengklaim telah mendapat sekitar 500.000 pengunjung sepanjang 2015. Dan untuk menarik minat pengguna baru, Siaranku menambah ragam channel seperti e-Sport dan memberikan bonus pulsa melalui kerja sama dengan beberapa operator telekomunikasi.

Download Aplikasi Siaranku:

en_badge_web_generic

Sumber: Tech in Asia

About Author