April 20, 2024

Jika selama ini kamu sering menggunakan Siri, pasti sadar jika layanan pencarian yang terlibat di Siri adalah Bing – milik Microsoft. Namun mulai hari ini alias setelah merilis macOS High Sierra, Apple mulai beralih dari Bing ke Google. Hal ini berlaku untuk hasil pencarian Siri di iOS, macOS dan juga Spotlight Search. Namun kamu tetap mendapatkan hasil pencarian dari search engine Bing jika mencari sesuatu yang berupa dokumen gambar.

Dikutip dari laman Tech Crunch, hal ini dilakukan Apple untuk menjaga konsistensi penggunaan layanan Google. Mulai dari Safari di iOS, macOS dan kini berlanjut ke Siri dan Spotlight. Namun Bing masih tetap diandalkan Apple untuk bagian lain yaitu hasil pencarian dengan gambar – paling tidak untuk saat ini.

“Switching to Google as the web search provider for Siri, Search within iOS and Spotlight on Mac will allow these services to have a consistent web search experience with the default in Safari. We have strong relationships with Google and Microsoft and remain committed to delivering the best user experience possible.”

Cara termudah untuk melihat penggunaan Google di Siri dapat kamu lakukan seperti gambar di atas. Yaitu meminta Siri mencari sebuah informasi tentang website MakeMac atau hal lainnya. Setelah itu scroll ke bawah dan kamu akan menemukan tombol Show Google Results. Tekan bagian tersebut dan laman kamu akan berpindah ke Safari yang otomatis membuka Google.com.

Sebagai tambahan catatan, hal ini bisa saja terjadi karena Google punya kerjasama baru dengan Apple. Dari catatan yang pernah tim MakeMac bagikan, kabarnya Google membayar $3 miliar untuk tahun ini ke Apple. Tujuannya untuk melanjutkan kerjasama Apple dan Google dalam hal penggunaan layanan pencarian mereka di produk Apple. Terutama untuk Safari di iOS dan macOS serta kini ada Spotligh Search dan Siri.

Sumber: Make Mac

About Author