Apple Kenalkan iOS 13 dengan Dark Mode, Foto dan Kamera Baru, Peningkatan Privasi

Di WWDC 2019, Apple resmi mengenalkan sistem operasi iOS 13 untuk pengguna perangkat iPhone dan iPod Touch. Update ini membawa banyak fitur baru. Beberapa yang dianggap sangat penting oleh Apple adalah kehadiran Dark Mode, fitur Photo dan Camera baru, serta peningkatan privasi dan Apple Maps

Apple Kenalkan iOS 13 dengan Dark Mode, Foto dan Kamera Baru, Peningkatan Privasi

Dalam artikel ini tim MakeMac akan membahas beberapa fitur baru yang dikenalkan oleh Apple dalam Keynote WWDC 2019 untuk iOS 13. Simak langsung ya!

Dark Mode

Dark Mode di iOS 13

 Dark Mode di iOS 13

Tampilan Dark Mode yang sejak tahun lalu tersedia di macOS Mojave, kini resmi merambah sistem operasi iOS 13.

Dark Mode adalah mode gelap yang akan menampilkan bagian dominan layar yang sebelumnya menggunakan warna putih menjadi warna hitam.

Sama sepert di macOS, Dark Mode di iOS 13 juga dapat aktif secara otomatis berdasarkan waktu matahari tenggelam dan dimatikan kembali saat pagi hari.

Dark Mode di iOS 13 juga berlaku untuk semua aplikasi bawaan dan aplikasi pihak ketiga yang sudah memberikan integrasi dari Apple.

Aplikasi Photos dan Mode Edit Lengkap

Photos di iOS 13

 Photos di iOS 13

Aplikasi Photos juga mendapatka tampilan baru dan serangkaian fitur untuk melengkapi penggunaan di iOS 13.

Pertama adalah penggunaan teknologi Machine Learning yang dapat melakukan kurasi foto untuk memilih gambar terbaik, menyembunyikan gambar terduplikasi dan menampilkan peristiwa penting dalam kenangan harian, bulan dan tahun sebelumnya.

Dokumen foto dan video juga akan dikelola secara cerdas sehingga kamu dapat menelusuri dan menemukan kenangan favorit dengan lebih cepat.

Sering mengedit gambar dengan aplikasi tambahan? Kini di iOS 13, aplikasi Photos juga punya mode edit gambar yang tidak kalah lengkap.

Gesture edit gambar yang digunakan adalah mode swipe untuk menambahkan efek atau mengatur setiap parameter detail dari fitur edit gambar yang biasa kamu gunakan.

Selain edit gambar, aplikasi Photos di iOS 13 juga mendukung beberapa tools untuk edit video yang lama dinantikan. Seperti rotasi video, memotong video atau menambahkan filter secara langsung.

Fitur Portrait Lighting di iOS 13 juga mendapatkan pembaruan fitur yang tidak kalah menarik.

Yaitu penyesuaian secara langsung dalam mode jepret di app Camera jika diperlukan. Apple juga menambahkan efek High-Key Mono di mode Portrait Lighting.

Sign in with Apple

Sign in with Apple

 Sign in with Apple

Apple sangat peduli dengan masalah privasi data pengguna, salah satu yang dijelaskan adalah mode login ke layanan baru yag mewajibkan pengguna untuk menghubungkan dengan akun sosial media.

Sebagai solusinya, Apple membuat teknologi bernaman Sign in with Apple yang dapat membantu kamu masuk ke sebuah layanan baru dan bisa mengetahui secara pasti, data pribadi apa saja yang akan kamu bagikan.

Nantinya jika pengguna tidak setuju bahwa data tersebut akan digunakan (terutama email), sistem Sign in with Apple akan membuatkan email baru secara acak yang tidak akan mengganggu privasi.

Sign In with Apple juga akan membantu kamu lebih mudah dalam proses otentifikasi sebuah layanan berkat integrasinya ke Face ID dan Touch ID.

Layanan keamanan tambahan seperti two-factor authentication juga menjadi standar wajib yang terkait dengan Sign In with Apple.

Tentunya Apple tidak mengumpulkan profil para pengguna Sign In with Apple atau berdasarkan aktivitas yang biasa dilakukan.

Beragam Fitur Baru Lainnya di iOS 13

Siri Shortcut di iOS 13

 Siri Shortcut di iOS 13

Masih ada beberapa fitur baru lainnya yang dijelaskan Apple pada Preview iOS 13 di Apple Newsroom. Berikut ini beberapa daftarnya:

  • Apple Maps mendukung cakupan jalan lebih luas, data pejalan kaki lebih lengkap dan alamat semakin akurat. Data baru Apple Maps akan mulai dibagikan pada akhir 2019 untuk wilayah AS dan banyak negara di tahun 2020.
  • Aplikasi Reminder punya tampilan baru dan mendukung pencatatan waktu, tanggal, lokasi dan tanda khusus.
  • Aplikasi Messages dapat membagikan Username dan foto profil atau kustomisasi Memoji atau Animoji. Memoji di iOS 13 juga bisa dibuat menjadi Memoji Sticker Packs untuk digunakan pada keyboard bawaan.
  • Siri punya suara baru yang lebih natural. Siri Shortcut mendukung Suggested Automations yang mendukung personalisasi untuk beragam kegiatan rutin.
  • CarPlay mendukung Dashboard baru untuk melihat musik dan maps dalam satu tampilan layar. Aplikasi Calendar dan akses Siri juga sudah dibuka untuk pengembang aplikasi navigasi pihak ketiga dan aplikasi audio.
  • HomePod bisa mengenali suara pengguna dan membuat profil untuk membuat jawaba yang lebih personal. Perangkat HomePod juga kini mendukung lebih dari 100 ribu stasiun radio, fitur Sleep Timer yang dapat mematikan musik secara otomatis dan Handoff.
  • Perangkat AirPods dengan bantuan Siri dapat membaca pesan yang masuk begitu diterima oleh perangkat. Fitur berbagi audio baru membuat pengguna AirPods bisa menonton film atau berbagi lagu dengan teman, hanya dengan membawa sepasang AirPods di dekat iPhone atau iPad.
  • Notes mendukung Gallery View, mode kolaborasi catatan, berbagi folder, mode pencarian lengkap dan checklist.
  • Keyboard di iOS 13 mendukung QuickPath yaitu input di Keyboard dengan mode swipe di antara tuts keyboard.
  • Aplikasi Files mengenalkan mode berbagi folder lewat iCloud Drive, akses media penyimpanan eksternal berupa SD Card, Flash Drive, atau koneksi langsung ke perangkat kamera digital.
  • Peningkatan performa di iOS 13 dijelaskan dengan pengurangan ukuran aplikasi yang diunduh hingga 50 persen, update aplikasi hingga 60 persen lebih kecil dan proses membuka aplikasi hingga 2x lebih cepat.

Daftar Perangkat yang Mendukung iOS 13

Perangkat iPhone dan iPod apa saja yang mendukung iOS 13?

Secara sederhana, hanya perangkat yang menggunakan CPU A9 atau lebih baru saja yang akan mendapatkan update ke iOS 13. Daftarnya adalah sebagai berikut:

  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 6s
  • iPhone 6s Plus
  • iPhone SE
  • iPod Touch generasi 7

Kapan iOS 13 Rilis?

Update iOS 13 saat ini baru tersedia dalam versi Developer Beta. Hanya pengembang terdaftar di Apple Developer yang dapat mulai mencobanya setelah Keynote WWDC 2019 selesai.

Sedangkan untuk versi Public Beta alias versi Beta yang bisa diunduh oleh pengguna umum dengan cara daftar di beta.apple.com akan rilis pada bulan Juli.

Terakhir, versi final dari iOS 13 akan dibagikan kepada pengguna umum pada awal musim gugur atau sekitar bulan September mendatang.

Sumber: Make Mac