Apple Luncurkan Schoolwork, Aplikasi iPad untuk Membantu Memuluskan Proses Belajar-Mengajar

Di Indonesia mungkin belum banyak, akan tetapi di negara-negara lain, khususnya Amerika Serikat, sudah ada cukup banyak sekolah yang memanfaatkan iPad sebagai alat bantu kegiatan belajar-mengajar. Selain karena kapabilitas iPad yang begitu fleksibel, faktor lainnya adalah begitu melimpahnya koleksi aplikasi edukasi yang tersedia.

Schoolwork / Apple

Demi memudahkan para pengajar sekaligus pelajar, Apple baru saja meluncurkan aplikasi iPad baru bernama Schoolwork. Bersamaan dengan aplikasi Classroom yang sudah ada, keduanya betul-betul dirancang untuk memaksimalkan potensi iPad dalam konteks pendidikan.

Apple Schoolwork app

Menggunakan Schoolwork, seorang guru dapat dengan mudah membuat pengumuman untuk semua muridnya, serta memberikan tugas kepada masing-masing (bisa sama, bisa berbeda). Yang menarik, Schoolwork terintegrasi dengan berbagai aplikasi pendidikan, sehingga tugas-tugasnya ini bisa berbentuk aktivitas yang spesifik pada aplikasi tertentu.

Dari sisi murid, mereka dapat menggunakan Schoolwork untuk memantau tugas-tugas yang perlu mereka kerjakan, termasuk kapan tenggat waktunya. Selesai dikerjakan, pengumpulannya pun juga bisa memanfaatkan aplikasi Schoolwork. Semuanya terpusat menjadi satu dan sangat terorganisir.

Apple Schoolwork app

Usai para murid mengumpulkan tugasnya masing-masing, sang guru bisa langsung memonitor progress mereka melalui Schoolwork, termasuk untuk tugas yang tadinya dikerjakan di aplikasi lain itu tadi. Dari situ sang guru dapat merencanakan pelajaran-pelajaran berikutnya sesuai progress masing-masing murid.

Jujur saya iri melihat semua ini. Semoga saja sekolah-sekolah di tanah air bisa dengan cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan memaksimalkan peran alat bantu yang sangat bermanfaat semacam ini.

Sumber: Apple.