March 29, 2024

Setelah dikenalkan di WWDC 2016 dan mendapatkan banyak pengembangan dalam versi Beta, rabu 14 September 2016 akhirnya Apple melepas iOS 10 untuk pengguna umum. Update sistem operasi untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch ini membawa beragam fitur baru yang berupa penyempurnaan dari iOS 9 atau beberapa hal yang sepenuhnya baru.

Selamat Tinggal Slide to Unlock

Kini kamu tidak akan lagi menemukan tulisan Slide to Unlock yang sangat ikonik, sekarang hanya ada Press Home to Unlock. Pengguna harus menekan tombol Home Button lalu memasukkan Passcode Lock jika tidak menggunaka Touch ID. Namun untuk kamu pengguna iPhone atau iPad yang sudah dibekali teknologi Touch ID, silahkan tempelkan jari yang sudah terdaftar dan aktifkan Rest Finger to Open supaya tidak harus menekan Home Button.

Perubahan ini harus dilakukan Apple karena mode Lockscreen sekarang tampil dengan 3 halaman. Paling kiri adalah Widget, tengah untuk halaman Lockscreen dan informasi notifikasi serta paling kanan adalah mode cepat untuk akses kamera. Penjelasan lengkapnya dapat kamu cek di artikel berikut ini ya.

Control Center

Apple membuat perubahan sangat besar di sisi Control Center. Fitur yang bisa dipanggil lewat swipe dari bawah ke atas pada layar iPhone atau iPad ini akan terdiri dari 2 halaman. Kiri adalah pengaturan yang berisi beragam tombol akses cepat seperti Airplane Mode, Wi-Fi. Bluetooth dan lain sebagainya, AirPlay, Night Shift, AirDrop dan juga kamera serta mode foto. Lanjut ke halaman kedua yang dapat diakses dengan cara swipe dari kanan ke kiri ya! Halaman tersebut berisi kendali untuk aplikasi Music atau lainnya dan mode output suara.

Bagi kamu pengguna perangkat iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, sekarang Control Center juga punya dukungan untuk akses tekan dan tahan ya! Misalkan untuk ikon Wi-Fi, pengguan dapat memiliki pilihan cepat dalam terhubung ke salah satu jaringan yang diinginkan.

iMessage Lebih Meriah dan iMessage App Store

Layanan chat dengan username berupa nomor telepon atau Apple ID ini akhirnya semakin disempurnakan dan mendapat banyak polesan. Beberapa fitur barunya adalah mengirim pesan secara lebih semarak dengan efek, mode bubble yang unik serta mode tulis tangan dan beberapa kejutan lain.

Apple juga akhirnya memberikan akses pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi mereka dapat dinikmati di iMessages. Beberapa contohnya adalah konten berbentuk stiker, aplikasi atau games ringan! Bentuk dari aplikasi ini ada 2 macam – extension alias dukungan tambahan dari aplikasi yang sudah ada di App Store atau berdiri sendiri. Meskipun dapat terintegrasi pada aplikasi pihak ketiga, Apple menjamin bahwa data pesan atau dokumen yang kamu kirimkan tetap aman.

Aplikasi Photos Semakin Cerdas

Aplikasi Photos juga mendapatkan fitur baru yang menari di iOS 10. Salah satu favorit saya adalah mode pencarian yang memanfaatkan catatan geo-lokasi dari foto atau video kamu. Tinggal masuk ke Photos lalu tekan ikon kca pembesar di bagian atas lalu ketik kata pencarian yang kamu mau, Jakarta misal untuk kamu yang tinggal di kota tersebut atau lainnya.

Memories alias kenangan adalah salah satu fitur baru yang hadir di tab Photos. Kamu bisa melihat semua catatan dokumen multimedia dalam bentuk video sepanjang 2 pekan ke belakang atau keterangan waktu lainnya. Fitur Memories juga akan membantu pengguna memilih suara latar belakang, jumlah foto yang ingin dirangkum serta teks pendukung.

App Music dan Apple Music

App Music diromabk sangat banyak untuk memanjakan kamu pengguna dengan konten yang dibeli lewat iTunes Store atau pelanggan Apple Music. Salah satu yang paling jelas terlihat adalah susunan ikon album yang dibuat lebih besar dan jelas, hilangnya tab Connect di halaman utama serta mode Playlist semakin cerdas. Kita akan membahas Apple Music di iOS 10 pada artikel terpisah ya.

Sumber: Make Mac

About Author