Awas, Modus Phishing Apple ID dengan Kedok Layanan Berlangganan

Kejahatan Phishing Apple ID kembali marak terjadi kepada sejumlah pengguna produk Apple. Jika sebelumnya banyak yang berkedok peringatan untuk ganti password Apple ID, kini ada cara baru yang dimanfaatkan para penjahat di dunia maya. Yaitu mengirimkan email yang sangat mirip dengan bukti pembelian (Receipt) atau konfirmasi layanan berlangganan.

Dalam contoh gambar di bawah, kamu dapat melihat bahwa tampilannya sangat mirip dengan informasi asli dari Apple. Namun biasanya ada beberapa cara mudah untuk mendeteksi kejanggalan di email tersebut. Salah satunya adalah tautan atau teks yang tidak ditulis dengan benar, beberapa kesalahan penulisan ejaan dan juga banyak lainnya.

Nominal harga yang dipasang pada bukti pembelian atau berlangganan tersebut juga terlihat sangat mahal. Ya, pembuat email tersebut sengaja memancing rasa takut pengguna akan pembelian konten yang mahal dan ingin segera membatalkan prosesnya. Jika menekan tautan yang ada di email tersebut, pengguna akan diarahkan ke sebuah website yang mirip dengan iCloud.com atau layanan lain dan diminta memasukkan beberapa data pribadi – ini yang disebut proses Phishing.

Tips Menghindari Phishing

 Contoh Email Phishing dengan Kedok Layanan Berlangganan

Sumber: Make Mac