April 25, 2024

Snapchat cukup populer di kalangan remaja, karena aplikasi ini lebih interaktif dibandingkan mengirim pesan dalam bentuk teks saja. Tahun lalu Snapchat sempat dinominasikan sebagai aplikasi yang paling populer di kalangan anak muda, setelah Facebook dan Instagram.

Akan tetapi, bagi kamu yang baru menggunakan Snapchat dan masih bingung bagaimana menggunakan aplikasi ini, berikut adalah tip dan trik menggunakan Snapchat yang perlu kamu ketahui.

Mengaktifkan fitur-fitur keren di dalam Snapchat

Snapchat 1

Snapchat pada dasarnya memiliki banyak fitur-fitur keren. Salah satunya adalah fitur filter. Untuk bisa menggunakannya, kamu harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

Caranya dengan masuk ke menu pengaturan, lalu pilih opsi Additional Settings. Di dalamnya, kamu tinggal mencentang opsi Filters. Setelah itu, fitur filter sudah siap digunakan.

Menggunakan fitur Filters

geofilters1.2

Cara menerapkan filter juga sangat mudah. Setelah mengambil foto atau video, kamu cukup menggeser layar dari kanan ke kiri untuk memilih filter yang kamu sukai. Terdapat beberapa pilihan filter, seperti efek warna, jam, cuaca, dan ikon-ikon khusus sesuai dengan lokasi tempat kamu berada.

Baru-baru ini Snapchat mengumumkan sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk membuat filter sendiri. Misalnya, kamu sedang mengadakan konser di sebuah area, kamu bisa membuat filter khusus yang hanya bisa digunakan di area tersebut.

Gunakan Lenses

lenses-172664622

Fitur menarik lain yang bisa kamu lakukan di Snapchat adalah Lenses. Fitur ini hanya bisa digunakan untuk mengambil foto atau video selfie.

Cara menggunakan fitur ini cukup tricky. Pertama, pastikan kamu telah menggunakan kamera depan smartphone kamu.

Kedua, tekan dan tahan wajah kamu di layar smartphone untuk memunculkan fitur Lenses. Lalu, seperti menggunakan Filters, langkah ketiga adalah memilih Lenses yang kamu sukai dengan menggeser pilihan efek-efek yang muncul.

Pada tahap ini, pastikan kamu mengikuti instruksi-instruksi yang ditampilkan di layar—seperti menaikkan alis atau mengeluarkan lidah kamu, sehingga efek-efek Lenses bisa muncul.

Tuangkan kreasi kamu dengan tulisan dan gambar

Stickers1-781667751

Salah satu fitur menarik di Snapchat keleluasan yang diberikan pada pengguna untuk menuangkan kreasi mereka.

Snapchat memungkinkan pengguna untuk menambah teks, emoji, dan juga menggambar di foto dan video yang telah diambil. Fitur ini akan muncul secara otomatis setelah kamu mengambil foto atau video.

Friend Emoji

Friend Emoji

Friend Emoji merupakan cara untuk mengidentifikasi seberapa dekat kamu dengan teman-teman sesama pengguna Snapchat. Emoji akan muncul secara otomatis tepat di sebelah nama ID Snapchat teman kamu.

Terdapat sembilan jenis emoji pertemanan yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya emoji Snapstreak yang akan muncul di teman yang paling sering kamu ajak berkirim foto dan video. Kamu bisa melihat emoji apa saja yang tersedia di menu pengaturan.

About Author