March 29, 2024

Update iOS 13 akan dikenalkan Apple pada acara WWDC 2019beberapa bulan lagi. Setelah itu rilisnya untuk pengguna umum akan dilakukan pada Apple Event bulan September.

Jurnalis 9To5Mac dibantu oleh pengembang Steve Troughton-Smith kabarnya telah menguak beberapa bocoran update iOS 13 dan dibantu oleh informan yang tidak mau disebut namanya.

Prediksi Fitur Baru di iOS 13

1. Dark Mode

Konsep Dark Mode dari Leo Vallet

 Konsep Dark Mode dari Leo Vallet

Update iOS 13 kabarnya akan menggunakan Dark Mode atua opsi tampilan gelap yang sebelumnya ada di macOS Mojave.

Pengaturan Dark Mode ini akan ada di bagian Settings dan menyeluruh alias mengubah tampilan menjadi Dark Mode di Lockscreen, Homescreen dan di dalam aplikasi yang mendukung.

Kemudian untuk aplikasi yang mendukung iPad dan dibuat dengan teknologi Marzipan, juga akan mendukung Dark Mode jiak digunakan di macOS mojave.

2. Multitasking di iPad

Perubahan paling besar kabarnya akan terjadi di perangkat iPad.

Fokusnya adalah peningkatan fitur multitasking untuk membuka dan menampilkan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Tampilan Multitasking yang dimaksud adalah jendela aplikasi dengan bentuk lembaran dan menempel pada bagian tertentu di layar.

Pengguna dapat melepaskan bagian tersebut dan membuatnya seperti kartu yang melayang dan dipindahkan dengan bebas.

Each window will also be able to contain sheets that are initially attached to a portion of the screen, but can be detached with a drag gesture, becoming a card that can be moved around freely, similar to what an open-source project called “PanelKit” could do.

These cards can also be stacked on top of each other, and use a depth effect to indicate which cards are on top and which are on the bottom. Cards can be flung away to dismiss them.

3. Undo Gesture

Bagi pengguna perangkat iPad yang sering menggunakan fitur Shake to Undo, kabarnya iOS 13 akan memberikan cara yang lebih mudah untuk melakukan fitur tersebut.

Yaitu menggunakan gesture tap tiga jari di bagian keyboard. Selain Undo, ada juga opsi Redo yang dapat kamu gunakan di bagian yang sama.

4. Safari dan Font Management

Bagi pengguna iPad, kabarnya Safari akan menampilkan website dengan mode Desktop sebagai pengaturan standar.

Hal ini dilakukan karena beragam perangkat iPad terbaru sudah menggunakan layar yang besar, cocok untuk mengakses peramban web dalam bentuk non-mobile atau standar desktop.

Selanjutnya adalah teknologi Font Management yang akan mempermudah pengembang aplikasi atau pengguna untuk menambahkan font di perangkat iOS.

5. Mail, Volume HUD dan Lainnya

Update iOS 13 juga kabarnya akan memberikan aplikasi Mail sebuah kecerdasan baru.

Yaitu deteksi pesan email yang kamu dapat untuk membuat beragam kategorinya secara otomatis. Mulai dari marketing, purchases, travel, “not important”, dan lain sebagainya.

Sering tidak nyaman dengan tampilan indikator Volume yang hadir di tengah layar sejak sistem operasi iOS pertama hingga sekarang? Kabar baik, kabarnya Apple akan mengunbah Volume HUD menjadi lebih ringkas.

Sumber: Make Mac

About Author