Draw Your Game, Aplikasi untuk membuat Game Sederhana tanpa Perlu Coding

Ingin membuat game tetapi tidak bisa coding? Jangan khawatir. Pasalnya sekarang banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan kepada penggunanya untuk membuat game, tanpa harus menguasai bahasa pemrograman tertentu. Kamu juga bisa mencoba Draw Your Game, aplikasi buatan Zerokcm yang bisa membantumu menciptakan game sederhana sendiri secara mudah.

Selain desain tampilan yang cukup menarik, aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya membuat dan memainkan game aplikasi tersebut. Penasaran bagaimana cara membuat game dengan aplikasi ini? Berikut ulasannya.

Dunia game buatanmu sendiri

Draw your game | Screenshoot 1

Untuk memulai menjalankan aplikasi ini, hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menciptakan dunia game buatanmu sendiri. Caranya adalah dengan menggambar map atau latar pada selembar kertas HVS sesuai kreativitasmu.

Sayangnya, menggambar latar pada game ini dibatasi dengan beberapa aturan, yaitu hanya empat pensil warna saja yang didukung; warna hitam untuk menggambar lantai atau tembok, biru untuk menggambar benda bergerak yang dapat didorong-dorong oleh karakter; hijau untuk elemen tempat karakter dapat melompat; serta merah untuk benda berbahaya yang bisa membunuh atau menghancurkan karakter.

ffgbhgh

Setelah saya berhasil menggambar map untuk game, selanjutnya saya membuka aplikasi dan mengklik menu Create untuk membuat game baru, kemudian memotret hasil gambar tersebut melalui menu Picture. Setelah menunggu beberapa detik, maka secara otomatis gambar tersebut berubah menjadi background game yang akan saya ciptakan.

Setelah itu, saya tinggal letakkan karakter robot pada titik Start. Karakter robot tersebut telah disediakan pada aplikasi.

Mainkan dan bagikan game ciptaanmu

Draw your game | Screenshoot 2

Setelah kamu berhasil menciptakan game sendiri. Kini saatnya kamu mencoba memainkannya dengan mengeklik tombol Play. Mainkan game tersebut menggunakan karakter yang dapat kamu kendalikan.

Ada dua mode permainan pada aplikasi, yaitu pelarian dan penghancuran. Pada mode pelarian, karakter harus menemukan jalan keluar dari latar yang dibuat atas kertas untuk memenangkan permainan. Sementara pada mode penghancuran, karakter harus mendorong objek biru ke objek merah untuk menghancurkan mereka. Selain memainkannya sendirian, kamu bisa membagikan game buatanmu kepada orang lain sehingga mereka juga dapat mencobanya.

Sayangnya, karakter dan skenario permainan pada aplikasi Draw Your Game telah ditentukan. Sehingga tidak bisa menciptakan karakter dan skenario permainan sendiri sesuai keinginanmu. Namun kamu bisa menciptakan latar game sekreatif mungkin, meski ini juga dibatasi oleh beberapa ketentuan.

Secara keseluruhan, aplikasi ini mampu menawarkan cara membuat game simpel dengan mudah, meskipun gameplay yang ditawarkan masih sangat sederhana karena adanya batasan alur skenario dan karakter game yang telah ditetapkan. Agar bisa memindai gambar dengan kamera, kamu harus memotret dalam keadaan pencahayaan yang bagus. Lalu untuk mendapatkan pengalaman menggunakan paling optimal, kamu harus mengeluarkan uang antara Rp7.500 – Rp28.848 untuk setiap item yang tersedia.ffgbhgh

Selain dengan Draw Your Game, kamu bisa mencoba aplikasi lain yang juga menawarkan kemudahan untuk membuat game. Atau kamu juga bisa membuat game sesuai keinginanmu dengan mencoba beberapa aplikasi lain seperti Playir, GameCreator, Swift Playgrounds, dan lainnya.

Sumber: Tech in Asia