FemaleDaily.com Bersiap Masuki Bisnis E-Commerce, Akuisisi Developer Aplikasi J-Tech

Female Daily, Startup komunitas online khusus untuk wanita Indonesia, pada tanggal 6 September 2016 mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi developer aplikasi bernama J-Tech. Tidak disebutkan berapa uang yang harus mereka keluarkan untuk melakukan akuisisi ini, namun J-Tech disebut akan membantu Female Daily mengembangkan fitur social commerce.

Berdiri di tahun 2007, Fashion Daily merupakan komunitas di dunia maya yang bisa membantu para wanita menemukan dan memberi review kepada produk-produk kecantikan. Komunitas yang didirikan oleh Hanifa Ambadar dan Affi Assegaf ini telah mendapat jutaan kunjungan setiap bulannya dengan 200.000 pengguna aktif bulanan.

Pada tahun 2014, Female Daily berhasil mendapat pendanaan sebesar US$1 juta (sekitar Rp13 miliar) dari Ideosource, Sinar Mas Digital Ventures, dan Convergence Ventures.

FemaleDaily Situs | Screenshot

Kedua co-founder Female Daily sama-sama tidak mempunyai kemampuan teknis yang mumpuni. Mereka pun kesulitan untuk merekrut orang yang tepat untuk mengembangkan teknologi mereka. Itulah mengapa hingga saat ini Female Daily belum mempunyai aplikasi mobile.

Padahal, menurut Hanifa, kehadiran sebuah aplikasi mobile saat ini sangat dinantikan oleh para pengguna mereka yang memang sering mengakses Female Daily lewat perangkat mobile. Mereka pun mengharapkan aplikasi tersebut agar dilengkapi dengan fitur jual beli produk secara online.

“Ketika para pengguna selesai membaca sebuah review, mereka sering bertanya mengapa kami tidak bisa membeli produk ini?” tutur Hanifa.

Salah satu investor mereka, Convergence Ventures, kemudian mengenalkan Hanifa kepada J-Tech yang dipimpin oleh Han Kao. Setelah akuisisi ini, Han Kao akan berperan sebagai Chief Product Officer dari Female Daily dan memimpin tim developer yang berjumlah sembilan orang.

Sebelumnya, J-Tech juga pernah membuat sebuah aplikasi pencarian event yang bernama Jiggie. Kami telah menghubungi Han untuk mengetahui bagaimana operasional Jiggie setelah akuisisi ini, dan akan memberikan update setelah kami mendapatkan respons.