April 20, 2024

Sejak 7 Juni 2017, layanan transportasi berbasis aplikasi online Grab telah melakukan uji coba layanan GrabNow di Jakarta. Melalui layanan ini, pengguna Grab bisa memesan langsung mitra pengemudi GrabBike yang sedang mangkal atau berada persis di depan hadapannya.

Fitur baru dari Grab ini seolah menjawab inovasi yang sebelumnya dilakukan Uber melalui fitur Hop On. Fitur tersebut juga memungkinkan pengguna Uber untuk langsung menyewa Uber Motor mana pun yang ada di hadapannya, tanpa perlu memesan lebih dulu menggunakan aplikasi dan menunggu mitra pengemudi datang.

GrabNow baru tersedia di Jakarta

Menurut Public Relation Manager Grab Indonesia, Dewi Nuraini, layanan GrabNow disediakan untuk menjawab kebutuhan inti dari pengguna Grab, yakni menembus kemacetan di Jakarta. Dengan GrabNow, pengguna Grab yang sedang buru-buru bisa langsung memesan GrabBike di dekatnya secara tanpa perlu menunggu lama.

Dewi mengungkapkan layanan GrabNow baru tersedia di Jakarta dan belum ada di negara lain tempat Grab beroperasi. “GrabNow masih beta testing, di Jakarta saja. Ada beberapa konsumen terpilih yang sudah mencoba layanan ini. Kami juga butuh masukan dari mitra pengemudi dan pengguna terpilih. Ini mulai uji coba sekitar tanggal 7-8 Juni 2017, sampai nanti Lebaran,” ujar Dewi.

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada mitra pengemudi mengenai layanan GrabNow. Menurut Ridzki, fitur ini akan mempermudah pengguna mendapatkan layanan GrabBike di mana saja ketika melihat ada mitra pengemudi.

Ilustrasi Uber Hop On | Screenshot

Proses pemesanan beda dari Uber Hop On

Layanan GrabNow menggunakan teknologi Google Nearby untuk melakukan pemesanan. Dewi menjelaskan nantinya smartphone pengguna dan milik mitra pengemudi harus melakukan pairing terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

Untuk saat ini, kata Dewi, Google Nearby digunakan Grab hanya untuk pairing saja dan belum untuk mencari mitra pengemudi yang paling dekat dengan pengguna. Proses pairing tidak perlu memasukkan PIN, baik di perangkat milik pengguna maupun pengemudi. “Kalau pairing tidak berhasil dalam waktu sekitar sepuluh detik, baru dikasih kode,” kata Dewi.

read also

Sebagai informasi, layanan Uber Hop On menggunakan PIN dalam proses pemesanan. Saat pengguna memilih Hop On di aplikasi Uber untuk layanan Uber Motor, akan ada PIN enam digit yang ditampilkan di layar smartphone pengguna.

“Untuk pemesanan lewat aplikasi, pembayaran sesuai dengan yang dipilih dalam profil pengguna. Untuk pemesanan lewat SMS, hanya tersedia pembayaran secara tunai,” ujar Customer Communications Lead Uber Indonesia, Novita Sari. Adapun untuk opsi pembayaran layanan GrabNow, Dewi menuturkan pengguna bisa membayar secara tunai atau bisa melalui GrabPay.

Sumber: Tech in Asia

About Author