GO-JEK Meluncurkan GO-MED, Layanan Pengantaran Obat Medis Bekerjasama dengan ApotikAntar.com

Pada tanggal 12 Oktober 2016 kemarin, GO-JEK mengumumkan kehadiran sebuah layanan baru di bidang kesehatan bernama GO-MED. Dengan layanan tersebut, kamu bisa memesan obat dari apotek di sekitar kamu. Kemudian, pengemudi GO-JEK akan langsung mengantarkannya ke tempatmu.

Untuk menghadirkan layanan GO-MED ini, GO-JEK bekerja sama dengan ApotikAntar, sebuah layanan pengiriman obat yang berafiliasi dengan startup konsultasi kesehatan HaloDoc. GO-JEK sendiri baru saja ikut memberikan investasi kepada HaloDoc di awal September 2016 yang lalu.

Minat GO-JEK di bidang kesehatan diperkuat dengan langkah mereka mengakuisisi startup kesehatan asal India, Pianta, pada tanggal 27 September 2016. Sidu Ponnappa, Managing Director GO-JEK Engineering India, menyatakan kalau langkah tersebut mereka ambil karena Go-JEK membutuhkan bantuan Pianta dalam hal pengiriman dan logistik khusus layanan kesehatan.

GO-MED 1 | Screenshot

Untuk menggunakan layanan GO-MED tersebut, kamu cukup menekan pilihan GO-MED yang ada di halaman utama aplikasi GO-JEK. Apabila kamu tidak menemukan pilihan GO-MED, maka artinya kamu perlu memperbarui atau melakukan instalasi ulang aplikasi GO-JEK di smartphone kamu.

Di layanan GO-MED, kamu bisa menemukan berbagai pilihan jenis obat, mulai dari obat bebas, alat kesehatan, hingga obat resep yang mengharuskan kamu mempunyai resep dari dokter untuk membelinya. Kamu bisa memesan dengan cara memilih satu per satu obat yang kamu inginkan, atau dengan mengunggah foto dari resep yang kamu terima dari dokter.

GO-MED 2 | Screenshot

Setelah itu, GO-JEK akan memberikan perkiraan harga yang harus kamu bayar, dan pesanan kamu akan terkirim ke apotek di sekitar kamu. Apotek tersebut kemudian akan mengirimkan harga akhir yang harus kamu bayar melalui aplikasi GO-JEK dan email.

Apabila kamu memberikan konfirmasi untuk menyetujui pesanan tersebut, maka pengemudi GO-JEK akan langsung mengantarkan obat tersebut dari apotek ke rumah kamu dalam waktu satu jam. Kamu juga akan menerima petunjuk penggunaan obat setelah pesanan diterima.

Saat ini, GO-MED telah bekerja sama dengan lebih dari 1.000 apotek di 10 kota, yaitu Jadetabek, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Jogja, dan Balikpapan. Layanan GO-MED ini nantinya akan bersaing dengan layanan serupa yang telah ada sebelumnya, seperti ProSehat dan Obat24.

Sumber: Tech in Asia