Google Duo, Aplikasi Video Call Sederhana Pesaing Facetime

Setelah diperkenalkan pada ajang Google I/O 2016 bulan Mei silam, aplikasi video call Google Duo secara resmi dirilis untuk platform Android dan iOS mulai Selasa (16/8) lalu. Google Duo adalah aplikasi video call lintas platform dengan cara penggunaan yang mudah dan fitur yang masih sangat sederhana.

Google-Duo_-440x250

Untuk menggunakannya, pengguna cukup mengunduh aplikasi di Play Store atau App Store, lalu mendaftarkan nomor teleponnya. Google Duo tidak membutuhkan akun Gmail, Apple ID, atau akun lainnya. Dengan demikian, siapa saja yang memiliki ponsel Android atau iOS bisa mempergunakannya.

Setelah terdaftar, pengguna bisa langsung melakukan panggilan video (video call) kepada nomor-nomor yang tercantum dalam daftar kontaknya.

Saat ini, panggilan video yang bisa dilakukan pada Google Duo hanya 1-on-1 atau individual. Belum ada fitur group call atau panggilan video secara berkelompok.

Dengan modal kesederhanaan ini, Google mencoba menawarkan alternatif aplikasi video call selain Skype, FaceTime, dan LINE.

Google-Duo_765x0_80

Fitur Unggulan

Untuk keistimewaan aplikasi ini, Google menawarkan layanan panggilan video yang mulus dan tidak terputus-putus.

Google Duo dapat mendeteksi kondisi bandwidth seluler atau Wi-Fi yang dipakai untuk melakukan panggilan, lalu mengatur resolusi video secara otomatis agar menyajikan tampilan video dan suara yang optimal. Google Duo juga dapat mengalihkan koneksi dari jaringan seluler ke Wi-Fi (dan sebaliknya) ketika pengguna berada dalam perjalanan, tanpa harus menutup panggilan.

Fitur unggulan lainnya dari Google Duo yaitu Knock Knock. Fitur ini memungkinkan penerima panggilan untuk melihat tayangan live video dari kamera depan penelepon, sebelum menerima panggilan.

“Fitur ini bisa memberi Anda gambaran tentang penelepon, apa yang sedang dia lakukan dan apa alasan dia menelepon. Knock Knock membuat panggilan video lebih ramah dan spontan karena Anda bisa ‘terhubung’ dengan penelepon, bahkan sebelum Anda menerima panggilan itu,” ujar Justin Uberti (Principal Software Engineer, Google). Tidak ketinggalan, Google melindungi semua panggilan video lewat Google Duo dengan enkripsi end-to-end sehingga lebih menjamin privasi dan keamanan para pengguna.

Sumber: Info Komputer