Google Tampilkan Sistem Keamanan Pixel 4, Mirip Face ID di iPhone

Google Pixel 4 akan rilis di tahun 2019, menjadi pesaing iPhone XI yang juga akan rilis di tahun ini. Tidak seperti Apple yang menyimpan desain dan fitur iPhone terbaru hingga pengumuman Apple Event, Google membuat bocoran untuk fitur baru di Pixel 4.

Dua fitur baru yang dibocorkan adalah Motion Sense dan Face Unlock.

Untuk Face Unlock, Google menggunakan serangkaian sensor yang serupa dengan Face ID di iPhone X hingga generasi terbaru.

Yaitu Flood Illuminator, Dot Projector, IR Camera dan lain sebagainya.

Namun ternyata Google juga membuat fitur baru untuk bersaing dengan iPhone yaitu Motion Sense.

Secara singkat, Motion Sense adalah sensor yang dapat mendeteksi gerakan di depan layar dengan Soli Radar Chip.

Google menyebutkan bahwa Motion Sense dapat membantu pengguna membuka perangkat yang terkunci dengan sensor wajah (Face Unlock) dan mendukung beragam orientasi layar.

As you reach for Pixel 4, Soli proactively turns on the face unlock sensors, recognizing that you may want to unlock your phone. If the face unlock sensors and algorithms recognize you, the phone will open as you pick it up, all in one motion. Better yet, face unlock works in almost any orientation—even if you’re holding it upside down—and you can use it for secure payments and app authentication too.

Google belum mengumumkan tanggal rilis Pixel 4 di tahun 2019. Jika sesuai jadwal tahunan, Google Pixel akan dikenalkan pada bulan Oktober.

Sedangkan Apple dengan Apple Event terakhir setiap tahunnya, biasa diadakan pada bulan September.

Sumber: Make Mac