Google Trusted Contacts, Berbagi Catatan Lokasi dengan Keluarga Dekat

Google hari ini merilis aplikasi Trusted Contacts untuk kamu pengguna perangkat iOS. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berguna sebagia safety app yaitu berbagi catatan lokasi kamu kepada daftar kontak yang dipercaya. Misalkan keluarga, teman dekat atau rombongan teman dalam sebuah perjalanan.

Trusted Contacts app, a new way for you to let your friends and family know you’re safe. Loved ones can request your location––even if your phone is offline or you can’t get to it.

Cara menggunakan Trusted Contacts juga sangat mudah dan cepat. Awalnya kamu hanya perlu memilih akun email Google yang digunakan sebagai akun utama di Trusted Contacts. Setelah itu masukkan daftar kontak yang kamu percaya untuk berbagi lokasi, baik secara searah atau du arah misalkan orangtua dan anak atau sepasang suami istri.

Setelah itu gunakan fitur berbagi lokasi atau meminta ijin mendapatkan catatan lokasi dari daftar kontak yang sudah kamu masukkan sebelumnya. Langkah selanjutnya di pengguna yang membagikan catatan lokasi, silakan isi bagian Updates dengan keterangan yang ingin kamu sampaikan misalkan sudah sampai di lokasi tertentu dan semua baik-baik saja atau mungkin tulis pesan darurat yang ingin kamu sampaikan.

Selain membagikan catatan dengan orang pilihan, Google Trusted Contacts juga punya fitur kirim pemberitahuan darurat untuk semua anggota yang ada di daftar Trusted Contacts (sudah kamu buat sebelumnya). Akses mode ini dengan cara menekan ikon Drop Pin di bagian kanan layar lalu pilih Alert All Contatcs Immediately. Sebagai tambahan catatan, saat kamu meminta catatan lokasi dari teman atau keluarga dan tidak mendapatkan respon dalam durasi waktu yang diatur, Google Trusted Contacts akan membagikan informasi ini secara otomatis. Hal ini berguna saat keadaan darurat seperti kamu tidak bisa memegang ponsel karena sedang mengalami suatu musibah atau hal lainnya. Silakan akses pengaturan ini dari bagian Sidebar kiri tampilan utama Trusted Contacts – Settings – Time Limit for Location Requests.

Sumber: Make Mac