March 29, 2024

Untuk kita yang hobi fitness, sering kali kita kesulitan mengingat latihan apa yang telah kita lakukan dan berapa rekor beban yang telah kita angkat, khususnya setelah beberapa waktu tidak datang latihan ke gym. Begitu pun untuk yang baru memulai, tentunya masih bingung apa yang mesti dilakukan untuk mencapai bentuk tubuh yang diinginkan. Bisa saja kita langsung mengangkat apa yang ada, namun tentunya lebih efektif bila kita mengikuti program yang sudah terbukti mampu mempercepat proses pembentukan massa otot.

Jefit hadir untuk memenuhi dua kebutuhan di atas dengan fitur-fitur yang lengkap dan gratis, membuatnya menjadi idola baik untuk mereka yang ingin membentuk tubuh atau sekadar berolahraga menjaga kesehatan. Aplikasi ini tersedia gratis untuk Android dan iOS.

Personal trainer digital

exerciseKamu yang menggunakan personal trainer (PT) mungkin memperhatikan bahwa para PT biasanya mencatat perkembangan tubuh kita. Misalnya, hari ini kita mampu mengangkat 70 kg, minggu depannya kita mampu mengangkat 75 kg, dan seterusnya.

Pencatatan ini penting karena otot kita tak akan tumbuh bila beban yang kita angkat stagnan nilainya, apalagi berkurang. Beban tersebut harus terus ditambah secara perlahan-lahan dari waktu ke waktu.

PT biasa mencatat pada lembaran kertas, dengan bantuan papan berjalan. Kita tentunya bisa melakukan itu seorang diri, namun akan terlihat tak lazim apabila kita membawa papan berjalan sambil berolahraga sendirian. Ditambah lagi risiko kerusakan dan kehilangan data bila kertas tempat kita mencatat terpercik keringat.

Dengan Jefit, pencatatan dilakukan secara digital, sehingga lebih cepat dan efisien. Di setiap akhir minggu, Jefit juga memberikan data-data lengkap tentang berapa total beban yang kita angkat, berapa jumlah latihan yang kita lakukan, dan berapa rekor baru yang kita buat.

Hasil latihan juga digambarkan dalam bentuk grafik garis, sehingga kita bisa melihat naik atau turunnya jumlah beban yang kita angkat.

Memilih program latihan

workoutSelain fungsi utama sebagai alat pencatat log latihan, Jefit juga berperan sebagai PT pribadi. Kita dapat memilih opsi program latihan yang ditawarkan dengan mudah di menu utama. Program yang ditawarkan cukup bervariasi, mulai dari latihan biasa hingga persiapan kompetisi untuk olahraga tertentu, misalnya bersepeda atau lari.

Program yang tersedia dibagi menjadi beberapa kategori. Pertama, dibagi berdasarkan otot yang dilatih, misalnya upper body atau lower body. Kedua, dibagi berdasarkan tingkat kemampuan kita, yaitu beginner, intermediate, dan advanced. Ketiga, dibagi berdasarkan tujuannya, yaitu bulking (menambah massa otot), cutting (mengurangi lemak), atau general fitness.

Meski memiliki program yang lengkap, saya tidak menemukan program yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan alat di gym saya. Untungnya, Jefit memiliki fitur untuk membuat program latihan custom sendiri. Kita hanya perlu memasukkan gerakan yang dilakukan, jumlah beban, repetisi, serta jumlah set yang diinginkan

Masing-masing gerakan juga dijelaskan melalui animasi sederhana. Namun bagi saya yang baru belajar fitness, penjelasan itu jauh dari cukup. Saya biasanya melihat video untuk belajar, dan menggunakan animasi di Jefit hanya sebagai pengingat saja.

statsSatu hal yang saya sayangkan dari program ini adalah tidak adanya fitur untuk menghitung kalori, khususnya untuk latihan-latihan cardio seperti lari atau renang, yang jamak dimiliki program kesehatan lainnya. Ini berarti kita membutuhkan aplikasi pelengkap lain seperti MyFitnessPal, yang bisa melakukannya.

Kekurangan lain yang saya rasakan adalah saat timer istirahat berjalan, kita tidak bisa membuka aplikasi lain di smartphone. Apabila kita melakukannya, timer tersebut akan tertutup sehingga waktu istirahat kita menjadi tidak jelas.

Aplikasi juga sering mengalami crash. Ini saya rasakan di semua gadget saya, baik Android maupun iOS. Selain itu, kita tidak dapat melakukan log-in di dua gadget secara bersamaan – saat log-in, akun kita di gadget lain secara otomatis akan melakukan log-out.

Namun di tengah kekurangannya, fitur yang ditawarkan aplikasi ini tetap menarik dan lebih baik dari aplikasi-aplikasi pesaingnya.

About Author