April 25, 2024

Layanan sewa kendaraan roda empat atau rental mobil merupakan salah satu sektor bisnis yang terbukti mampu menarik perhatian konsumen di Indonesia. Tak heran, jika kemudian layanan ini menjadi salah satu ranah yang menarik bagi sebagian pelaku startup tanah air. Tak hanya startup khusus sewa mobil online, lahan ini pun juga dilirik oleh startup layanan booking tiket pesawat dan kereta (OTA) seperti Tiket.

Kami telah memilihkan beberapa strtup penyedia layanan rental mobil online terbaik di Indonesia.

1. Indoloka

Indoloka | Screenshot

Diluncurkan sejak Januari 2014, Indoloka saat ini diklaim telah menjangkau lebih dari 100 kota dengan lebih dari 10.000 pilihan mobil yang tersebar di seluruh Indonesia.  Untuk membantu pencarian konsumen, Indoloka menyediakan sejumlah filter untuk mempermudah pelanggan mencari mobil yang mereka inginkan. Beberapa di antaranya:

  • Lokasi penjemputan
  • Jenis mobil
  • Tanggal sewa
  • Pilihan kota

Sejumlah metode pembayaran yang bisa pengguna pilih:

  • ATM
  • Internet Banking
  • Kartu kredit
  • E-wallet
  • Mini market

2. Drive.ID

Drive ID | Screenshot

Berasal dari Singapura, situs sewa mobil online Drive mulai diluncurkan di Indonesia pada bulan November 2014 dengan menjadikan kota Surabaya sebagai basis operasional mereka. Tiga tahun berjalan, Drive.ID saat ini mengklaim telah memperluas daerah operasional layanan mereka di tiga puluh kota yang tersebar di 23 provinsi. Pada Agustus 2017, startup ini juga menyediakan layanan kargo darat dengan cakupan wilayah operasi Surabaya dan beberapa kota lainnya di Indonesia.

3. DOcar

Docar | Screenshot

Diluncurkan pada Juli 2016, DOcar menempatkan diri sebagai platform marketplace bagi penyedia layanan rental mobil di dua kota  wilayah Jawa Tengah, meliputi Semarang dan Solo.

Untuk menghadapi kompetitornya, DOcar menawarkan transparasi sistem manajamen mobil yang gratis kepada perusahaan yang bekerja sama dengan mereka. Hingga akhir tahun 2016 lalu, DOcar mengklaim telah memiliki lebih dari ratusan mobil dan melayani lebih dari 100 transaksi di platform mereka.

4. Karental

Karental | Screenshot

Karental merupakan sebuah platform penyewaan mobil. Startup jebolan Ideabox Bootcamp Batch ketiga ini memberikan layanan berkualitas dengan harga yang lebih transparan bagi para penyewa mobila rental.

Untuk menjalankan bisnis mereka, Karental menjalin kerja sama dengan sejumlah jaringan penyewaan mobil di kota-kota besar di Indonesia mulai dari Jakarta, Lombok, Bali, Yogyakarta, dan Bandung. Kerja sama ini diupayakan untuk memperbaharui inventori kendaraan Karental secara real time, demi kenyamanan pengguna dalam memilih kendaraan yang mereka butuhkan.

5. HipCAR

Hipcar | Screenshot

HipCar adalah aplikasi sewa mobil yang fokus melayani kegiatan sewa mobil di kawasan sekitar Jakarta. Berbeda dengan startup lainnya dalam daftar ini, HipCAR hadir dengan memanfaatkan  pelayanan teknologi  yang benar-benar terintegrasi lewat perangkat mobile.

Kamu dapat mengendarai sendiri mobil yang dipinjam dengan memanfaatkan akses yang kamu peroleh melalui aplikasi mobile bawaan Hipcar. Tanpa perlu bertemu dengan pemilik mobil untuk mengambil kunci, kamu hanya membuka dan mengunci pintu mobil melalui aplikasi yang bisa diunduh lewat Android dan iOS.

6. Okka.rent

Okkarent | Screenshot

Lewat fokusnya untuk menawarkan jasa sewa mobil secara online untuk kawasan kota Surabaya dan sekitarnya, Okka Rent hadir dengan beragam jenis kendaraan dengan harga yang kompetitif, Okka Rent juga menyediakan layanan mereka lewat aplikasi mobile yang dapat diunduh lewat Android.

Di samping penyewaan mobil secara online, Okka Rent melayani travel untuk berbagai jenis tujuan, mulai dari Surabaya, Malang, Bali, Semarang dan kota lainnya. Untuk memesan kendaraan, kamu hanya perlu masuk ke web dan aplikasi Okka Rent lalu isi form tanggal penjemputan jam penjemputan alamat dan lokasi tujuan perjalanan.

Sumber: Tech in Asia

About Author