April 25, 2024

Di ajang Apple Event September 2017 lalu, Apple mengenalkan iPhone X dan beragam produk baru lainnya. Salah satunya adalah AirPower, Wireless Charging dengan bentuk yang ringkas namun bisa digunakan untuk mengisi baterai pada 3 perangkat sekaligus.

Mengenal AirPower

AirPower adalah aksesoris Wireless Charging dengan standar Qi Charging yang dibuat Apple. Produk ini bekerja seperti Wireless Charging pada umumnya, yaitu letakkan perangkat di atas tatakan yang tersedia dan proses mengisi baterai akan berjalan secara otomatis.

AirPower menggunakan konektor Lightning Cable di bagian belakangnya lalu disambung ke USB Power Adapter ke colokan listrik . Sayangnya Apple belum menjelaskan apakah USB Power Adapter yang digunakan bisa dari bawaan iPhone, iPad atau harus menggunakan USB-C Power Adapter dari komputer MacBook 12 inci atau MacBook Pro Touch Bar.

Kelebihan AirPower Dibandingkan Wireless Charging Lain?

AirPower bisa digunakan untuk mengisi baterai pada 3 perangkat yang mendukung teknologi Wireless Charging secara bersamaan. Misalkan kamu menggunakan sebuah iPhone X, Apple Watch Series 3 dan juga AirPods Battery Case model baru (saat ini belum dijual oleh Apple). Letakkan semuanya di atas AirPower dan tinggal tidur semalaman.

Besoknya ketiga produk tersebut sudah siap kamu gunakan lagi dengan baterai yang sudah penuh. Dengan menggunakan AirPower, kamu cukup menyediakan satu stop kontak saja dan tidak perlu repot mencari kabel data dan USB Power Adapter untuk setiap jenis perangkat yang kehabisan baterai.

Perangkat Apa Saja yang mendukung AirPower?

Untuk keluarga iPhone, hanya iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X yang saat ini mendukung aksesoris Wireless Charging. Sedangkan untuk perangkat lainnya adalah Apple Watch Series 3 dan juga AirPods dengan Battery Case model baru. Perangkat lain seperti iPhone 7, iPod Touch, iPad atau Apple Watch generasi lama tidak dapat menggunakan AirPower untuk mengisi baterai.

Apakah AirPower Mendukung Fast Charging?

Teknologi Qi Wireless Charging yang ada di iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X mendukung mode pengisian baterai dengan arus 7.5W. Fitur ini juga baru dibuka oleh Apple pada iOS 11.2 Beta yang sudah tim MakeMac bagikan beberapa waktu lalu. Jika belum menggunakan iOS 11.2, perangkat Wireless Charging hanya dapat berjalan di arus 5W saja.

Kapan AirPower Dijual dan Berapa Harganya?

Apple hanya memberikan keterangan bahwa AirPower akan dijual mulai tahun 2018 tanpa keterangan waktu yang lebih detail. Belum ada informasi harga yang ditulis untuk perangkat AirPower atau detail lainnya.

Sebagai pembanding, Mophie Wireless Charging Base dan Belkin Boost Up Wireless Charging Pad yang bekerja sama dengan Apple, dijual dengan harga $59.95. Jika harga ini dikali 3 karena AirPower bisa digunakan untuk mengisi baterai pada 3 perangkat sekaligus, prediksi saya AirPower akan dijual dengan harga $149 atau lebih mahal. Arus yang digunakan juga harusnya cukup besar yaitu 7.5 W dikali 3, tidak bisa menggunakan USB Power Adapter dari iPad atau iPhone.

Sumber: Make Mac

About Author