Mengenal Teknik Hacking MitM (Man In The Middle Attack) dan Cara Mencegahnya

Hacker menjadi sebuah momok yang mengerikan bagi kita yang suka berkegiatan mempergunakan internet. Pasalnya dengan kita terhubung dengan internet, maka ini merupakan salah satu jalur untuk hacker masuk ke dalam sistem komputer kita. Salah satu teknik serangan hacker yang mempergunakan jalur tersebut sebagai jalan masuk adalah MitM. MitM (Man In The Middle Attack) kerap kali dilakukan untuk mencuri data-data pribadi kita, seperti data perbankan.

Serangan seorang hacker bisa masuk ke sistem komputer kita melalui beberapa jalur seperti USB, jaringan lokal, ataupun internet. Sehubungan saat ini era serba internet, Jaka akan membahas salah satu serangan hacker yang dilancarkan melalui internet, yaitu MitM.

MitM sendiri adalah singkatan dari Man in the Middle Attack, yang berarti serangan di mana penyerang berada di tengah-tengah, bebas mendengarkan dan mengubah percakapan antara dua pihak. Serangan Man in The Middle merupakan suatu tipe serangan yang memanfaatkan kelemahan Internet Protocol (sumber: Google).

Atau kalau kamu masih bingung, kamu bisa coba melihat gambar di bawah ini.

foto-computerhope-mitm

Nah, apakah sekarang kamu sudah paham? Kalau sudah, kamu tenang saja, karena Jaka juga akan beri tahu kamu cara mencegahnya, yaitu sebagai berikut.

Cara Ampuh Mencegah Serangan MitM

Untuk melakukan pencegahan terhadap serangan MitM, caranya cukup mudah yaitu dengan mengenkripsi jalur koneksi internet kamu.

Bahasa mudahnya seperti ini. A ingin mengirim sebuah paket ke B, lalu paket tersebut dikunci dalam sebuah kotak dengan menggunakan password. Password itu sendiri yang mengetahuinya hanya A dan B, jadi paket tersebut hanya dapat dibuka oleh A dan B saja.

Namun tenang, password di sini akan terkonfigurasi secara otomatis kok. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan melakukan konfigurasi password setiap kali terhubung ke internet.

Nah, untuk memungkinkan melakukan hal ini, kamu butuh salah satu dari dua software berikut, yaitu HTTPS Everywhere atau ForceTLS. Kedua software ini ringan, karena software ini merupakan sebuah plugin browser. Catatan khusus, untuk ForceTLS ini khusus Mozilla Firefox. Sementara HTTPS Everywhere bisa kamu gunakan untuk browser apa pun.

Cara mempergunakannya sendiri sangat mudah. Kamu cukup download yang sesuai dengan versi browser kamu, lalu instal. Maka secara otomatis software ini akan berjalan mengamankan jalur kamu. Tampilan software tersebut kurang lebih seperti berikut ini.

foto-jalantikus-mitm

Sumber: Jalan Tikus