Menjelajah di Instagram dengan Fitur Baru: Location dan Hashtag Stories

Instagram semakin bersemangat untuk mengembangkan fitur Instagram Stories. Jika sebelumnya banyak fitur baru untuk menghias foto atau video kamu yaitu Face Filter, kini update berikutnya berkaitan dengan mode Explore. Yaitu fitur Location dan Hashtag Stories untuk membuat cerita kamu mduah ditemukan oleh pengguna lain lewat bagian Explore.

Today we’re excited to announce two new ways to discover the world around you on Explore: location stories and hashtag stories. Now you can see what’s happening around you and find stories related to your interests.

Secara sederhana, fitur ini berguna untuk menemukan beragam konten Instagram Stories dari penguna lain, yang tidak kamu kenal atau tidak kamu Follow namun memiliki 2 kesamaan. Yaitu menggunakan catatan lokasi atau hashtag yang sama untuk dapat diakses lewat bagian Explore.

Jika kamu masuk ke tab Explore, Instagram akan menampilkan daftar Instagram Stories dalam catatan lokasi yang ada di sekitar. Cara membedakan daftar Instagram Stories dalam catatan lokasi dengan konten lain adalah ikon lokasi di bagian tepi lingkaran dengan warna merah. Pengguna juga bisa menggunakan fitur pencarian di tab Explore untuk menemukan daftar catatan lokasi lainnya yang tersebar di dunia dan mengecek hal menarik yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Fitur selanjutnya masih cukup mirip yaitu Hashtag Stories. Ya, mode ini adalah pengembangan dari fitur Hashtag Sticker yang sebelumnya terhubung pada mode hashtag untuk setiap foto yang ada di Instagram. Kini dengan Hashtag Stories, kamu bisa menemukan beragam kegiatan atau cerita yang dibagikan dengan menggunakan sebuah hashtag. Bisa berupa kegiatan menarik, informasi sebuah tempat hiburan atau mungkin beragam hal lainnya. Cara mencari dan melihat daftar Hashtag Stories juga sama persis dengan mode Location Stories ya.Bedanya adalah ikon Hashtag Stories menggunakan lambang # di tepian lingkarannya.

Sebagai tambahan catatan, Instagram juga tetap menjaga privasi kamu dengan update ini. Sebagai contoh, pengguna tetap dapat menikmati fitur catatan lokasi dan hashtag di Instagram Stories namun tidak ingin tampil di bagian Explore. Caranya adalah tekan tanda X di mode detail catatan Instagram Stories yang kamu bagikan ya!

Menurut saya update ini sangat menarik dan membuat kamu yang biasa menggunakan Instagram Stories dapat semakin mudah terhubung dengan para penonton atau orang lain. Namun masalah privasi tentunya menjadi catatan yang perlu diperhatikan, terutama jika konten yang kamu bagikan di Instagram Stories hanya ingin dinikmati orang terdekat atau teman lainnya saja. Fitur Location Stories sudah dapat dinikmati pada update Instagram for iOS versi terbaru ya! Sedangkan untuk Hashtag Stories akan segera hadir dalam beberapa hari lagi.

Sumber: Make Mac