March 28, 2024

Pada tanggal 14 Desember 2016, layanan transportasi on demand Uber mengumumkan kalau mereka telah menjalin kerja sama dengan aplikasi chat LINE. Berkat kerja sama tersebut, kini kamu bisa memesan layanan Uber langsung dari aplikasi LINE.

Untuk menikmati layanan tersebut, kamu hanya perlu mencari akun resmi Uber di LINE, yaitu @UberID. Lewat akun tersebut, kamu bisa langsung menekan tombol Request Uber untuk memesan kendaraan. Apabila kamu baru pertama kali menggunakan layanan tersebut, kamu harus memasukkan alamat email dan password akun Uber kamu terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu bisa memilih lokasi penjemputan, lokasi tujuan, dan memilih layanan yang diinginkan, mulai dari UberMotor, UberX, UberPool, atau UberBlack.

Uber LINE | Screenshot

Sayangnya, kamu tidak bisa menambahkan metode pembayaran lewat LINE. Untuk menambah kartu kredit baru misalnya, kamu harus memasukkan informasinya terlebih dahulu lewat aplikasi Uber di smartphone kamu.

Ketika memilih lokasi penjemputan dan lokasi tujuan pun kamu tidak bisa melakukannya dengan memindahkan pin penunjuk seperti biasa. Kamu hanya bisa mengandalkan saran lokasi yang diberikan Uber, atau memilih lokasi tempat kamu berada sekarang berdasarkan GPS.

Setelah mengisi semua pilihan, kamu bisa menekan tombol Request yang berada di bawah layar. Kemudian akan muncul biaya yang harus kamu bayarkan. Jika kamu menekan tombol Request yang berada di bawah informasi biaya tersebut, Uber akan langsung mencari kendaraan untuk menjemput kamu.

Uber LINE 1 | Screenshot

Layanan pemesanan Uber lewat LINE ini sudah bisa kamu nikmati di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Uber pun menjanjikan potongan biaya mulai dari tiga puluh hingga lima puluh persen yang bisa kamu dapat setelah menyelesaikan perjalanan.

Untuk menghadirkan layanan ini, Uber memanfaatkan API yang disediakan oleh LINE Business Connect. Dengan layanan tersebut, para mitra LINE bisa menghadirkan berbagai layanan seperti informasi lokasi, e-learning, hingga pemesanan tiket.

Sebelum Uber, GO-JEK pun telah terlebih dahulu bekerja sama dengan LINE untuk menghadirkan layanan serupa. Sayangnya, GO-JEK hanya membuat layanan tersebut khusus untuk layanan GO-RIDE mereka. Saat ini kamu belum bisa menggunakan LINE untuk memesan layanan lain yang dimiliki GO-JEK, seperti GO-CAR, GO-FOOD, atau GO-CLEAN.

Sumber: Tech in Asia

About Author