Meriahkan Asian Games 2018, Kemkominfo Luncurkan Aplikasi Ini

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) secara resmi meluncurkan aplikasi Duta Suporter Indonesia. Aplikasi berbasis OS Android ini sudah tersedia di Google Play Store. Digagas Menkominfo, Rudiantara, aplikasi ini berawal dari ide melibatkan seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini diharapkan agar euforia Asian Games 2018 dapat dirasakan oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

“Ide aplikasi ini datang dari Chief (Rudiantara). Mengingat masyarakat sekarang tidak bisa lama-lama lepas dari ponsel, sehingga muncul ide untuk mengajak masyarakat (mendukung Asian Games) melalui aplikasi,” tutur Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Niken Widiastuti, dalam acara peluncuran Duta Suporter Indonesia di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Selama 30 hari ke depan, aplikasi ini dapat diunduh dan semua orang bisa mencalonkan diri mereka sebagai calon duta suporter dari 34 provinsi.

Masing-masing provinsi nantinya akan memiliki dua pemenang dengan pemilih terbanyak. Total akan ada 68 pemenang dengan perwakilan laki-laki dan perempuan dari tiap provinsi.

Di akhir program, semua pemenang akan mendapatkan undangan untuk bersama menghadiri acara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

Selain memilih duta, pengguna aplikasi juga bisa melakukan aktivitas lain yakni mengikuti kuis yang ada di Duta Suporter Indonesia. Pemenang kuis pun akan mendapatkan hadiah.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai berita mengenai Asian Games 2018.

Duta Suporter Indonesia

Aplikasi Duta Suporter Indonesia ini dikembangkan tim developer Suvarna.ID, dengan salah satu anggotanya Enda Nasution. Menurutnya, sejak soft launching pada 7 Juli 2018, sebanyak 10 ribu pengguna sudah mendaftar.

Ia optimistis jumlah pengguna akan semakin banyak. Pasalnya, informasi tentang aplikasi ini diperkirakan sudah menjangkau 3 juta pengguna media sosial. Enda berharap akan semakin banyak peserta Duta Suporter Indonesia dan tujuan meramaikan Asian Games 2018 tercapai.

“Karena masih ada waktu, saya yakin jumlahnya akan semakin bertambah. Kami mengimbau pengguna untuk mengajak lebih banyak orang menggunakan aplikasi ini,” tutur Enda.

Sumber: Tekno Liputan 6