April 20, 2024

Bertepatan dengan momen Ramadan, sejumlah penyedia layanan digital menyediakan layanan baru.  Salah satunya adalah Mivo Muslim besutan penyedia layanan televisi streaming Mivo yang resmi hadir pada 1 Juni 2016.

Mivo Muslim saat ini baru diluncurkan untuk platform Android. Data dari AppAnnie menyebut bahwa jumlah unduhan yang dicapai baru sekitar 500 kali sejak pertama kali diluncurkan.

Yuliana Chusna, Marketing Manager Mivo mengatakan bahwa meski diluncurkan bertepatan dengan bulan puasa, nantinya aplikasi ini tetap bisa digunakan di waktu mendatang lepas Ramadan. “Update video berkala akan tetap diberikan pada aplikasi Mivo Muslim, karena memang aplikasi ini menjadi saluran Islami dari tayangan yang diberikan Mivo.”

Bukan hanya dakwah dan kultum Islami

Aplikasi Mivo Muslim | Screenshot 1

Untuk menikmati layanan Mivo Muslim, pengguna diharuskan login melalui akun Facebook yang dimiliki. Selanjutnya terlihat lima kategori utama konten yang bisa dinikmati pengguna, yakni Top, Ngabuburit, Dakwah, Lagu dan Live.

Pada laman Top, disediakan 20 video yang paling banyak disaksikan pengguna. Laman ini mencakup lagu Islami, berita populer, dan kultum dari beberapa tokoh agama.

Selanjutnya di laman Ngabuburit, pengguna diberikan konten ringan dengan pilihan berbagai resep masakan untuk sahur dan berbuka puasa, video tips dan mitos seputar berpuasa, serta cerita unik yang terjadi di bulan Ramadan.

Sedangkan pada laman Dakwah, pengguna diberikan berbagai pilihan video ceramah dari berbagai tokoh. Tokoh-tokoh Islami yang ditampilkan dalam laman ini berasal dari dalam dan luar negeri. Cuplikan video disusun berdasarkan waktu terbaru hingga empat minggu ke belakang.

 

Kamu juga bisa menikmati berbagai hiburan Islami pada laman Lagu. Sesuai dengan namanya, laman ini dipenuhi dengan lagu-lagu Islami dari penyanyi di Indonesia dan beberapa nama dari luar negeri. Tersedia sekitar 40 pilihan lagu dalam laman ini.

Dan yang terakhir adalah Live. Di laman ini, Mivo Muslim bekerja sama dengan tiga nama penyedia konten siaran dakwah, yakni YM TV yang menayangkan konten seputar Ramadan di luar negeri, Aswaja TV dengan konten dari Nahdhatul Ulama (NU), dan Nabawi TV yang menayangkan seputar ajaran dari Rasulullah SAW, seperti tausiah harian, tanya jawab dengan Ustaz, dan ragam kuliner halal di berbagai dunia.

Pihak Mivo melalui siaran pers yang diterima Tech in Asia mengatakan bahwa setiap harinya akan terdapat 10 video baru dalam aplikasi Mivo Muslim, sehingga keberagaman konten dapat terus dinikmati pengguna.

Video dapat disaksikan secara offline

Sebagai penyedia konten televisi streaming sejak 2009, Mivo memiliki fitur untuk mengakses dan menyimpan berbagai tayangan dari dalam negeri. Pun demikian halnya dalam aplikasi Mivo Muslim, semua tayangan kebanyakan berasal dari tayangan televisi lokal di tanah air.

Aplikasi Mivo Muslim | Screenshot 2

Sayangnya untuk menikmati tayangan di aplikasi Mivo Muslim, pengguna harus menyaksikan sisipan iklan sebelum video mulai ditayangkan. Sistem yang sama diberlakukan oleh YouTube di beberapa video.

Pilihan lain yang bisa dinikmati pengguna adalah fitur Offline. Pengguna bisa menonton video yang disaksikan tanpa menggunakan kuota data. Untuk mengaktifkannya, cukup dengan menyalakan opsi Tersedia Offline pada laman utama aplikasi.

Kemudian pada video yang sedang disaksikan, pengguna bisa membagikannya ke akun Facebook. Pengguna juga dapat memberi komentar di tiap video.

Secara keseluruhan, aplikasi Mivo Muslim mirip dengan YouTube dengan saringan konten islami. Perpaduan ragam konten berat dan ringan juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang mencari tontonan selama Ramadan.

About Author