April 19, 2024

Persaingan di ranah booking hotel di Indonesia semakin ketat belakangan ini, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dengan tersedianya berbagai layanan berbasis aplikasi. Setelah kemunculan nama-nama seperti Zen Rooms dan Mister Aladin, sekarang hadir pula ‘pendatang baru’ lainnya. Adalah NIDA Rooms, yang menawarkan layanan booking hotel dengan harga terjangkau.

111

Bisa dibilang, NIDA Rooms akan menjadi pelopor untuk layanan booking hotel budget bintang tiga ke bawah di Indonesia. Bahkan, Country Director Indonesia NIDA Rooms Anna E Dartania mengklaim bahwa NIDA Rooms merupakan startup dengan model internet agregator yang pertama di dunia untuk industri perhotelan internasional. Selain itu, mereka juga menjadi pemain utama untuk penyedia hotel low budget di wilayah ASEAN yang dihuni lebih dari 550 juta orang. Startup ini memang mengkhususkan layanan mereka pada hotel-hotel murah yang tersebar di berbagai daerah, sehingga mampu menyasar para wisatawan yang melakukan perjalanan ala backpacker.

 

NIDA Rooms juga hadir sebagai solusi inovatif bagi hotel-hotel berbintang tiga ke bawah yang selama ini memang kurang mumpuni dalam sisi marketing dan promosi. Namun, meski pun menawarkan hotel-hotel murah, NIDA Rooms tetap tidak melupakan kenyamanan para pelanggan. Mereka memastikan semua kamar hotel yang ditawarkan benar-benar bersih, serta menyediakan sarapan gratis, Wi-Fi gratis, dan perlengkapan hotel yang berkualitas. NIDA Rooms memang memberikan standar pada hotel-hotel murah dengan fasilitas Wi-Fi, hot shower, AC dan aminities, untuk mereka tawarkan kepada para budget traveler dan backpacker hingga short-business traveler.

22

Layanan NIDA Rooms sendiri diperkenalkan di Indonesia sebagai Virtual Hotel Operator oleh perusahaan Global Rooms Limited pada bulan September 2015. Lalu pada pertengahan bulan November 2015, layanan booking hotel murah ini pun akhirnya di-launching secara resmi. Untuk perdana, Global Rooms Limited sudah menginvestasikan modal sebesar Rp 100 miliar untuk operasional NIDA Rooms selama 18 bulan pertama. Selain itu, pada akhir bulan April 2016 lalu, mereka juga mendapatkan pendanaan Pra Seri-A sebesar 4,2 juta dolar AS (sekitar Rp 55,4 miliar), yang digelontorkan oleh dua investor, yakni Convergence Ventures dan CyberAgent Ventures.

nida rooms

Pihak NIDA Rooms mengklaim telah memiliki sekitar 3.100 kamar yang siap untuk di-booking oleh para traveler. Kamar-kamar itu disediakan oleh ratusan hotel di Indonesia yang sudah bekerja sama dengan mereka, yang berada di sekitar 1.200 lokasi, mulai dari kawasan Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bali, Bandung, Kalimantan, hingga Sulawesi. Selain di Indonesia, hotel-hotel NIDA Rooms juga bisa ditemukan di lebih dari 100 lokasi di Malaysia, bahkan hingga Thailand dan Filipina. Saat ini, mereka menargetkan untuk bisa meng-cover semua kota di Indonesia dengan mitra mencapai 700 hotel. Selain itu, mereka juga berharap bisa memasarkan lebih dari 2 juta kamar hotel per tahun.

Download Aplikasi Nida Rooms:

en_badge_web_generic index

Sumber: Webhouzz

About Author