April 19, 2024

Satu lagi aplikasi yang bisa menghubungkan kamu dengan para penyedia jasa kini hadir di tanah air. Bernama OkBisa, layanan ini berusaha membantu kamu menemukan pihak penyedia jasa desain, perbaikan AC, pembersihan rumah, hingga mempersiapkan pernikahan. Uniknya, aplikasi ini juga memberikan hadiah berupa OkPoint, yang bisa kamu dapatkan dengan cara menonton video berupa iklan selama 30 detik. Setiap kali menonton iklan yang disiapkan, kamu akan mendapatkan OkPoint yang senilai dengan uang Rp500. OkPoint tersebut nantinya bisa kamu tukarkan dengan pulsa telepon, listrik, atau untuk membayar jasa yang kamu pesan lewat aplikasi OkBisa.

Menyediakan banyak jenis jasa

Tampilan Aplikasi OkBisa Halaman Utama | Screenshot

Setelah melakukan pendaftaran, kamu bisa langsung memilih kategori jasa pilihan yang ditampilkan OkBisa di halaman utama. Apabila kamu ingin melihat semua kategori jasa yang ditawarkan OkBisa, kamu bisa menekan tombol “View All” yang berada di pojok kiri atas layar.

Tampilan Aplikasi OkBisa Memesan Layanan | Screenshot

Ketika kamu telah memilih sebuah kategori jasa, maka kamu harus memasukkan beberapa data tambahan, seperti di mana lokasi kamu berada, dan kapan kamu ingin layanan jasa tersebut dilakukan. Apabila kamu telah mengisi data sesuai petunjuk yang diberikan, OkBisa akan mengirimkan beberapa penawaran dari vendor-vendor mereka ke email kamu.

Tampilan Aplikasi OkBisa Mendaftar Pemberi Jasa | Screenshot

Apabila kamu ingin menawarkan sebuah jasa kepada para pengguna OkBisa, kamu pun bisa melakukannya dengan aplikasi yang sama. Kamu cukup menekan tombol “Menjadi Penyedia Jasa” yang ada di bagian atas halaman utama, lalu masukkan data diri kamu. Pihak OkBisa kemudian akan menghubungi kamu untuk meminta data-data tambahan.

Saya pun mencoba untuk menggunakan aplikasi OkBisa untuk memesan jasa dan mengajukan diri sebagai penyedia jasa. Sayangnya, empat jam setelah mencobanya, saya tidak juga mendapat informasi lebih lanjut tentang pemesanan yang saya lakukan.

Berapa OkPoint yang bisa didapat setiap hari

Tampilan Aplikasi OkBisa Melihat Video Iklan | Screenshot

Kekecewaan yang sama pun saya rasakan ketika saya ingin menonton video iklan agar mendapatkan tambahan OkPoint. OkBisa hanya menyediakan tiga video yang bisa ditonton dalam satu hari, sehingga saya pun hanya bisa mendapat tiga OkPoint, alias uang Rp1.500.

Ketika saya mencoba memeriksa apa yang bisa saya beli dengan OkPoint tersebut, saya menemukan kalau hal termurah yang bisa saya beli adalah pulsa telepon senilai Rp10.000 yang dijual dengan harga Rp11.000. Itu artinya, saya harus menggunakan aplikasi OkBisa secara rutin selama 8 hari untuk mendapat pulsa tersebut.

OkPoint memang bisa digunakan untuk membayar jasa yang kamu pesan di OkBisa. Namun dengan jumlah video yang sedikit, pasti akan membutuhkan waktu yang lama agar bisa mengumpulkan OkPoint yang cukup untuk membayar sebuah layanan.

Sumber: Tech in Asia

About Author