Qerja, Platform untuk Para Pegawai tentang Review Perusahaan dan Kisaran Gaji

Dalam dunia kerja, jaminan akan kebahagiaan pegawai, baik secara materi atau non-materi adalah salah satu aspek yang menentukan tinggi rendahnya komitmen seorang pegawai. Hal yang sama juga menjadi salah satu pertimbangan penting bagi seorang yang mencari pekerjaan. Sayangnya, masih cukup sulit mencari informasi internal perusahaan seperti gaji dan tunjangan hidup karena beberapa perusahaan cenderung lebih tertutup (terlepas dari baik tidaknya perusahaan tersebut).

Tapi, ada satu entitas perusahaan yang paling tidak, bisa menjadi lebih transparan: pegawainya sendiri. Para pegawai inilah yang menjadi target pasar Qerja, sebuah startup yang mengumpulkan data tempat kerja, gaji, dan review perusahaan melalui platform online-nya.

Platform ini bisa digunakan secara gratis. Jadi, jika Anda saat ini sedang bekerja atau dulu pernah bekerja di sebuah perusahaan, Anda bisa mendaftar di website Qerja dan memasukkan data mengenai perusahaan atau mantan perusahaan Anda.

Menggunakan Qerja

Setelah mendaftar, Anda akan diminta mengisi data perusahaan tempat Anda bekerja sekarang atau dulu, meliputi nama perusahaan, posisi Anda, dan gaji yang Anda terima. Data ini akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum benar-benar ditampilkan di website Qerja. Anda juga bisa memasukkan gaji perusahaan Anda yang lain atau perusahaan sebelumnya di menu ‘Tulis Gaji’ dan kemudian menjalani proses yang sama.Qerja-gaji

Untuk menulis sebuah review tentang perusahaan tempat Anda bekerja, Anda hanya perlu mengklik tombol ‘Tulis Review’, dan kemudian memasukkan nama perusahaan yang ingin Anda review. Review yang bisa Anda tulis di sini cukup lengkap. Anda bisa memberikan penilaian secara keseluruhan dan terperinci berdasarkan beberapa aspek seperti gaji dan manajemen dengan bintang (satu sampai lima), menuliskan kelebihan, kekurangan, dan juga saran untuk perusahaan, serta prospek perusahaan tersebut dalam waktu enam bulan ke depan. Anda juga bisa merekomendasikan perusahaan ini ke pengguna lain jika Anda puas bekerja di sana.

Semua data yang dimasukkan oleh pengguna akan ditampilkan di website Qerja. Dengan begini, pengguna lain yang masih mempertimbangkan untuk masuk ke sebuah perusahaan bisa mendapatkan referensi yang lebih akurat untuk menentukan pilihan. Perusahaan juga bisa menggunakan informasi ini sebagai acuan terhadap kualitasnya sendiri atau para pesaingnya.

Qerja-review

Selain informasi mengenai gaji dan review perusahaan, Anda juga bisa membaca, menikmati, dan juga meberikan konten sampingan berupa tweet, foto, dan video YouTube di menu #HappyQerja. Cukup dengan mengikuti instruksi yang disediakan di menu tersebut, maka konten Anda akan segera dimuat di sana.

Rahasia pengguna dijamin

67852e2c4908e96d311062f90361c507

Satu hal yang mungkin menjadi pertimbangan pengguna untuk tidak memasukkan informasi gaji atau review perusahaan di website ini adalah mereka takut mendapat hukuman karena membocorkan informasi perusahaan. Tim Qerja tampaknya sadar akan hal tersebut. Tiap review dan gaji mengenai perusahaan yang ada di platform ini hanya bisa dilihat oleh sesama pengguna yang sudah mendaftar di website ini. Selain itu, tiap informasi yang tercantum tidak akan menampilkan nama orang yang memberikan informasi. Nominal gaji juga dicantumkan dalam bentuk kisaran, dan pengguna sebenarnya bisa tidak memasukkan posisi pekerjaan ketika memasukkan review (mungkin saja Anda adalah satu-satunya sekretaris di kantor Anda).

Beberapa hal yang janggal di website ini adalah, profil Anda setelah mendaftar sangatlah sedikit dan tidak mengandung informasi mengenai pekerjaan atau perusahaan Anda sama sekali. Selain itu, Anda bisa memasukkan informasi gaji atau review perusahaan manapun, baik itu tempat kerja Anda atau bukan. Saya rasa akan lebih tidak merepotkan jika pengguna bisa memasukkan sejarah karirnya (seperti di LinkedIn), dan hanya bisa memasukkan gaji serta review di perusahaan yang pernah ia tempati. Menurut saya, selain meminimalisir jumlah data palsu, ini akan meringankan pekerjaan tim Qerja dalam memoderasi informasi yang masuk.

1

Tapi bagaimanapun juga, Qerja adalah startup pertama yang mengumpulkan para pegawai di Indonesia dan mengajak mereka membagikan informasi mengenai pekerjaan mereka dalam satu platform (dengan tetap menjamin kerahasiaan nama). Masyarakat yang merupakan pegawai juga tampaknya senang dengan kehadiran Qerja. Menurut DailySocial, Qerja sekarang sudah memiliki lebih dari 6.000 data gaji dan review, serta 50.000 anggota.