Tokopedia Gandeng GoApotik, Sajikan Produk Kesehatan dan Fitur Penebusan Resep Dokter secara Online

Tokopedia hari ini mengumumkan kemitraan strategis dengan startup di bidang kesehatan GoApotik. Kini pengguna bisa mendapatkan produk obat-obatan dan perlengkapan kesehatan dari jaringan GoApotik melalui situs dan aplikasi Tokopedia.

Tampilan produk kesehatan GoApotik di aplikasi Tokopedia / Tokopedia

“Kami melihat adanya kebutuhan signifikan dari masyarakat terhadap obat-obatan serta perlengkapan kesehatan di Tokopedia. Menurut data internal, jumlah transaksi pada kategori Kesehatan mengalami kenaikan lebih dari 200 persen dari bulan Juli hingga September 2019,” ujar AVP of Business Tokopedia Jessica Stephanie Jap.

Integrasi layanan tersebut juga dilengkapi fitur penebusan resep dokter secara online. Pengguna dapat mengunggah resep melalui fitur Chat Bersama Apoteker. Resep yang diterima akan diperiksa keabsahannya oleh apotek mitra dari GoApotik. Setelah itu, apotek mitra akan membantu menyiapkan obat sesuai resep dan melakukan pengantaran obat bersama mitra logistik Tokopedia ke alamat pembeli.

Head of GoApotik Mohamad Salahuddin menjelaskan GoApotik berperan untuk menghadirkan apotek yang legal dan terverifikasi. Termasuk mendorong peran apoteker untuk dapat melayani tanya jawab pasien mengenai obat-obatan yang dibeli.

Selain itu, Tokopedia juga telah bekerja sama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dalam melakukan pengawasan terhadap peredaran, pengiriman, promosi, serta iklan penjualan obat dan makanan di platformnya.

“Badan POM terus melakukan pendampingan kepada pelaku usaha demi meningkatkan daya saing produk sekaligus menyediakan akses terhadap obat yang aman, berkhasiat dan bermutu bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Kepala BPOM. Penny K. Lukito.

Sumber: Daily Social