April 25, 2024

Pada tanggal 18 Januari 2017, layanan transportasi on demand Uber menghadirkan layanan baru yang bernama UberXL. Sesuai namanya, Uber akan memastikan kamu mendapat mobil MVP yang bisa menampung lebih banyak penumpang, seperti Avanza, Xenia, Innova, atau Ertiga. Untuk saat ini, Uber baru menghadirkan layanan tersebut untuk para pengguna mereka di kota Jakarta.

Langkah ini sejalan dengan strategi Uber yang sejak awal memang membagi layanan mereka berdasarkan jenis mobil. Sebelumnya mereka telah menghadirkan layanan UberBlack untuk kategori mobil mewah seperti Honda CRV dan Mitsubishi Pajero, serta layanan UberX untuk kategori mobil lainnya.

read also

Sebelum kehadiran UberXL, kamu sebenarnya bisa mendapatkan mobil-mobil MVP berkapasitas besar dengan layanan UberX, namun tetap ada kemungkinan kalau kamu akan mendapat mobil lain dengan kapasitas yang lebih kecil. Kini, dengan menggunakan layanan UberXL, kamu dipastikan akan mendapat mobil yang bisa mengakomodasi hingga enam penumpang.

Untuk menggunakan layanan UberXL, kamu hanya perlu memilih layanan tersebut di halaman utama aplikasi jika kamu masih menggunakan aplikasi lama dari Uber. Sedangkan apabila kamu telah menggunakan aplikasi Uber versi terbaru, kamu baru bisa memilih layanan tersebut setelah memilih tujuan dan metode pembayaran.

UberXl | ScreenshotTarif jika menggunakan UberXL (tengah), dan tarif jika menggunakan UberX dan UberPOOL (kanan)

Uber menetapkan tarif yang lebih mahal untuk layanan UberXL ini bila dibandingkan dengan UberX. Mereka beralasan kalau harga tersebut tetap lebih efisien dibanding ketika kamu menggunakan UberX sebelum ini, karena kamu tentu harus memesan dua kali ketika mobil yang kamu dapat ternyata tidak cukup untuk menampung lebih dari empat penumpang.

Sumber: Tech in Asia

About Author