Versi Baru Messenger dengan Tampilan yang Jauh Lebih Simpel

Dengan jumlah pengguna aktif bulanan setara populasi India (± 1,3 miliar), Facebook Messenger merupakan aplikasi pesan instan terbesar kedua setelah WhatsApp. Saya pribadi sangat jarang menggunakannya, utamanya karena tampilannya yang kelewat kompleks dan terkesan terlalu banyak fitur. Facebook sadar akan hal ini, dan mereka memutuskan untuk merombak tampilan Messenger secara signifikan pada versi terbarunya. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar, tampilan Messenger 4 tampak jauh lebih menarik sekaligus lebih mudah dipahami ketimbang sebelumnya.

Facebook Messenger 4

Jumlah tab yang ada berkurang drastis dari sembilan menjadi tiga. Semua percakapan, baik individual maupun grup, sekarang dijadikan satu di tab Chats. Tombol untuk membagikan foto atau video kini diposisikan di kanan atas pada tab Chats, bukan lagi sebagai tab terpisah di tengah seperti sebelumnya.

Untuk melihat siapa saja rekan yang sedang aktif di Messenger, kita bisa langsung lompat ke tab People. Di sini kita juga bisa menyimak deretan Stories yang diunggah oleh semua teman kita.

Terakhir, ada tab Discover yang menyimpan semua fitur ekstra yang ditawarkan Messenger, mulai dari chat dengan Facebook Page sampai akses ke Instant Games. Meski secara keseluruhan tampilannya telah disederhanakan, Facebook memastikan tidak ada satu pun fitur yang dihilangkan dari Messenger.

Facebook Messenger 4

Sebaliknya, Facebook malah menambahkan sejumlah fitur untuk semakin mempermanis tampilan anyar Messenger 4. Yang pertama adalah fitur untuk mengatur warna chat bubble dalam percakapan. Yang kedua adalah Dark Mode, yang baru akan menyusul bersama update selanjutnya.

Messenger 4 akan diluncurkan secara global dalam beberapa minggu ke depan, tapi secara bertahap, bukan serentak. Jadi bersabarlah seandainya Anda belum menerima update-nya.

Sumber: Facebook.