April 25, 2024

Banyak yang menilai bahwa iPhone relatif masih lebih aman dibandingkan dengan smartphone Android. Anggapan seperti ini memang tidak sepenuhnya salah. Tapi harus dipahami, di dunia ini tidak ada ponsel pintar yang 100% aman. Selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk menjebol sisi keamanannya.

Misalnya saja lock screen. Bisa dibilang, hampir semua pengguna smartphone menggunakan fitur pengunci layar sebagai pengamanan level pertama. Tapi tahukah kamu kalau fitur ini pun masih bisa ditembus? Berikut ini Jaka kasih tahu beberapa cara yang kerap digunakan pencuri untuk bypass lock screen iPhone. Simak selengkapnya ya!

WASPADA! 5 Cara Ini Sering Digunakan Hacker Untuk Bypass Lock Screen iPhone

1. Menggunakan Siri

Menggunakan Siri

Untuk menggunakan cara ini, setidaknya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, iPhone yang ingin dijebol adalah iPhone seri 4S, 5, 5C atau 5S. Kedua, fitur touch ID pada iPhone 5S dalam kondisi disable. Ketiga, pengguna memberikan akses kepada Siri untuk mengakses beberapa fitur di dalam iPhone.

Jika semua kondisi tersebut terpenuhi, kamu bisa memanfaatkan asisten digital Siri untuk mengakses email, kontak bahkan internet tanpa harus membuka layar pengunci. Untuk mengatasinya, pastikan untuk menonaktifkan Siri saat smartphone dalam kondisi terkunci.

2. Mereset Total iPhone Menggunakan iTunes

Mereset Total iPhone Menggunakan iTunes

Tak disangka, iTunes ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk bypass layar pengunci smartphone. Caranya pun terbilang sederhana. Cukup mematikan iPhone, tekan dan tahan tombol Home sambil menghubungkannya ke komputer via kabel USB dan tunggu beberapa saat hingga muncul pop-up “Connect to iTunes”. Selanjutnya iTunes akan memberikan peringatan tentang recovery mode, klik OK dan iPhone akan di-restore.

Cara ini akan melucuti pin ataupun password yang digunakan untuk mengunci layar smartphone. Akan tetapi, data yang ada di dalam iPhone akan hilang seakan kembali ke kondisi awalnya.

3. Menipu iCloud Dengan Server Palsu

Menipu iCloud dengan Server Palsu

Sebenarnya cara yang satu ini terbilang rumit. Namun secara konsep, trik ini bekerja dengan cara mengelabui sistem menggunakan server palsu. Caranya adalah dengan mengubah DNS server yang menuju ke iCloud dengan server palsu, menghadang jalur komunikasinya dan mencuri kode aktivasi pengunci layar. Dari sinilah peretas mendapatkan kode yang sesuai untuk bypass lock screen iPhone.

4. Menggunakan Aplikasi Passcode Hacking

Menggunakan Aplikasi Passcode Hacking

Cara lain yang tak kalah mudah untuk meretas iPhone adalah dengan menggunakan aplikasi passcode hacking. Ada beberapa aplikasi seperti ini. Hanya saja, tidak semua aplikasi bekerja seperti yang diinginkan. Sebagian besar hanya berfungsi untuk iOS versi lama. Namun, yang mengerikan dari trik ini adalah kamu bisa bypass layar pengunci iPhone tanpa menghapus informasi apa pun yang ada di dalam perangkat tersebut.

5. Brute Force

Brute Force iPhone

Dari dulu hingga kini, brute force masih menjadi salah satu cara awal yang kerap digunakan para peretas untuk menebak PIN atau password. Tapi cara ini memang hanya efektif jika kamu cukup mengenal pemilik iPhone tersebut atau setidaknya memiliki informasi penting yang kemungkinan besar ia gunakan untuk membuat kode pengunci layar.

Kamu juga bisa memeriksa sidik jari di layar iPhone untuk mengetahui titik-titik mana saja yang kerap dijangkau oleh pengguna sebelumnya. Berawal dari sini, kamu bisa memperkirakan PIN yang digunakan untuk mengunci layar iPhone tersebut.

Kasus sukses di tebakan pertama sebenarnya sangat jarang. Kamu harus mencobanya hingga beberapa kali untuk menemukan kode yang tepat. Karena itu, teknik ini sebenarnya bisa diatasi dengan tidak menggunakan kode yang mudah ditebak atau menggunakan kode yang terkesan tak memiliki pola.

Sumber: Jalan Tikus

About Author