April 17, 2024

Suka menulis atau hobi membaca novel? Jika iya adalah jawabannya, maka kamu perlu mencoba Wattpadstartup asal Kanada yang menyediakan ruang untuk menulis dan membaca novel. Selain situs, Wattpad juga memiliki aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store ataupun Apple iTunes. Aplikasi ini akan memudahkan pengguna smartphone menggunakan semua fitur yang disediakan oleh Wattpad.

Baca novel sepuasnya

a b c

Pecinta novel pasti akan menyukai aplikasi ini. Pasalnya kamu bisa membaca ratusan novel keren secara gratis. Sebelum bisa menggunakan Wattpad, pengguna perlu log in terlebih dahulu. Kamu dapat log in dengan Facebook, Google, atau membuat akun Wattpad sendiri.

Ada lima menu utama yang bisa kamu gunakan, yaitu Home, Library, Create Story, Update, dan halaman Profil pengguna yang ada di bagian bawah. Setelah log in, kamu akan dibawa ke menu Home.

Di menu kamu bisa menemukan ratusan novel buatan member Wattpad. Semuanya tersedia secara cuma-cuma. Di sisi atas terdapat beragam kategori yang dapat kamu gunakan untuk menemukan genre novel sesuai seleramu. Ada Romance, Fantasy, Poetry, Horror, dan lain sebagainya.

review wattpad | screenshot 1

Cukup tap novel yang ingin dibaca, dan kamu akan dibawa ke halaman khusus berisi deskripsi singkat novel tersebut. Tap Read untuk lanjut membaca, atau tap ikon (+) untuk menyimpan novel di menu Library. Pengguna juga bisa memberikan komentar dan Vote (rating) pada novel yang telah dibaca.

Menu Library berguna untuk menyimpan novel-novel yang kamu rasa menarik. Total ada 200 novel yang bisa kamu simpan di sini. Asyiknya, novel yang disimpan di Library dapat dibaca secara offline. Namun kamu perlu ingat, semakin banyak novel yang disimpan, kapasitas memori yang dialokasikan ke aplikasi Wattpad juga semakin besar.

Untuk mengantisipasinya, kamu bisa memanfaatkan fitur Archived yang ada di menu Library. Fitur ini berguna untuk menyimpan novel yang tidak dibaca lagi. Novel yang telah dimasukkan ke bagian ini bisa dibaca kembali setelah pengguna memilih opsi unarchive.

Kamu bisa menggunakan menu Update untuk mengetahui kabar terbaru dari penulis ataupun novel yang disimpan di Library. Menu ini juga menyediakan fitur Message yang dapat kamu gunakan untuk mengapresiasi penulis novel atau sekadar say hello.

Sedangkan menu Create Story berguna untuk kamu yang ingin memublikasikan ceritamu di Wattpad. Pastikan kamu telah melengkapi informasi mengenai dirimu di menu Profil.

Buat novelmu sendiri

review wattpad | screenshot 2

Tap ikon Create Story untuk mulai menulis. Pengguna akan diminta untuk memberikan judul dan sinopsis cerita yang akan ditulis. Tap Save untuk melanjutkan. Di halaman selanjutnya, pengguna diharuskan mengunggah foto yang akan dijadikan sampul novel.

Kamu bisa mengunggah foto dari smartphone atau membuatnya menggunakan aplikasi Cover Wattpad. Aplikasi ini akan membantu pengguna membuat desain sampul keren dengan mudah dan gratis. Tap Next untuk mulai menulis cerita di Story Detail.

Proses penulisan cerita akan memakan waktu lama jika pengguna menggunakan smartphone. Jika cerita yang kamu tulis cukup panjang, saya sarankan untuk membuatnya menggunakan laptop atau PC, kemudian menyalinnya ke aplikasi Wattpad.

Penulis bisa menyematkan video YouTube atau foto ke dalam cerita. Cukup tap ikon YouTube dan masukan kata kunci yang diinginkan untuk menemukan video yang pas. Biasanya para penulis memasukkan video musik untuk memberikan nuansa khusus pada tulisannya. Cek hasilnya melalui Preview. Dan jika dirasa sudah siap, kamu bisa langsung tap tombol Publish.

Media sosial para penulis novel

review wattpad | screenshot 3

Wattpad tidak hanya memberikan ruang berbagi kreasi novel, namun juga untuk berinteraksi—baik sesama penulis atau pembaca karya. Mirip dengan media sosial Twitter, member Wattpad bisa saling follow untuk mengetahui update informasi terbaru, novel, atau sekadar update status.

Untuk tampilan halaman profilnya, kamu akan menemukan tiga menu yaitu About, Conversation, dan Activity. Menu About berisi deskripsi singkat member Wattpad beserta novel-novel yang masuk ke dalam Reading List.

Menu selanjutnya, Conversation, berguna untuk update status layaknya media sosial. Pengguna juga bisa mengomentari status yang dibuat member Wattpad lain. Sayangnya pengguna tidak bisa mengunggah foto ataupun video.

Sebagai gantinya, pengguna diberikan pilihan untuk memberitahu follower ketika membuat status baru. Nantinya para follower akan mendapatkan email pemberitahuan dari Wattpad jika member yang mereka ikuti membuat status baru.

Menu yang terakhir, yaitu Activity, berguna untuk memperlihatkan aktivitas terbaru dari pengguna. Misalkan ketika kamu follow member lain atau melakukan Vote kepada sebuah novel.

Secara keseluruhan, aplikasi Wattpad nyaman digunakan, baik untuk membaca novel ataupun untuk menulis novel. Apalagi Wattpad menyematkan fitur baca offline hingga 200 novel.

wattpad

Sumber: Tech in Asia

About Author