April 26, 2024

Dalam dunia bisnis, terutama apabila kita ingin masuk ke bidang atau lokasi baru, koneksi yang luas mutlak dibutuhkan. Oleh karena itu, para pelaku bisnis pun kerap melakukan berbagai macam cara untuk memperluas koneksi mereka. Datang ke berbagai konferensi, atau mengirim e-mail secara acak, merupakan langkah-langkah yang biasa mereka lakukan demi menemukan orang yang tepat untuk membantu bisnis mereka.

Brendan Rakphongphairoj, seorang lulusan Columbia University, punya solusi yang lebih baik untuk mendapatkan kontak para pelaku bisnis. Dengan bantuan tiga orang pemrogram dan satu orang manajer media sosial, Brendan membuat sebuah platform B2B (business to business) yang bisa membantu para pebisnis untuk saling terhubung satu sama lain. Platform tersebut ia beri nama Qontak.

Sulitnya mencari kontak penting

Kepada Tech in Asia, Brendan menceritakan kalau sebelumnya ia pernah bekerja di konsultan investasi bernama Cambridge Associates. Saat itu, ia membantu beberapa organisasi yang ingin berinvestasi di Asia. Dari pengalaman kerja tersebut, Brendan pun mengetahui kesulitan yang dialami oleh para pebisnis ketika mencari kontak-kontak penting untuk melancarkan bisnis mereka.

Qontak

 

“Salah satu masalah yang dihadapi oleh para pebisnis adalah mencari orang yang tepat untuk dihubungi,” ujar Brendan. Karena itu, ketika ingin membuka bisnis di sebuah tempat baru, para sales biasanya membutuhkan sebuah database kontak orang-orang yang bisa dihubungi. Itulah alasan mengapa Brendan akhirnya memutuskan untuk membuat Qontak, yaitu demi membantu para pebisnis tersebut.

Qontak menyediakan sebuah fitur pencarian kontak para pebisnis profesional yang telah dibagi berdasarkan lokasi perusahaan mereka, industri di mana mereka bekerja, bidang pekerjaan apa yang mereka tangani di dalam perusahaan, dan seberapa tinggi posisi mereka di dalam perusahaan tersebut. Setelah itu, kamu pun bisa langsung melihat kontak para pebisnis tersebut mulai dari alamat perusahaan, hingga e-mail dan nomor telepon yang biasa mereka gunakan untuk keperluan bisnis.

Hanya menyediakan kontak bisnis

Semua data yang disediakan oleh Qontak tersedia secara gratis untuk semua pengguna yang terdaftar. Untuk bisa bergabung dan melihat data-data yang ada di dalam Qontak, kamu hanya perlu berbagi informasi kontak yang kamu miliki.

Tak perlu khawatir data pribadi kamu akan tersebar, karena data-data yang diharapkan Qontak hanyalah data-data yang khusus untuk keperluan bisnis. Qontak tidak akan meminta data pribadi yang rahasia, seperti nomor telepon seluler dan alamat rumah. Itulah mengapa berbagi kontak di dalam platform Qontak identik dengan proses bertukar kartu nama yang biasa kita lakukan ketika bertemu dengan orang yang baru kita kenal.

Contoh data kontak yang ditampilkan di Qontak

Contoh data kontak yang ditampilkan di Qontak

Brendan menyadari kalau data kontak, baik pribadi maupun yang berkaitan dengan bisnis, merupakan hal yang sangat sensitif. Demi menjamin keamanan data-data tersebut, Qontak selalu mengacu kepada Singaporean Personal Data Protection Act, yang merupakan sebuah aturan terkait cara mengumpulkan, menggunakan, dan menyebarkan data kontak.

Untuk menjaga keabsahan data pengguna, Qontak mengharuskan setiap pengguna untuk mendaftarkan sebuah e-mail yang digunakan untuk keperluan bisnis. Lebih spesifik, Qontak meminta pengguna mereka untuk mendaftarkan e-mail yang berbasis Google Business. Mereka melarang penggunaan e-mail personal seperti dari layanan Gmail (@gmail.com), Yahoo (@yahoo.com), dan sebagainya.

Lalu, bagaimana jika kita ingin mendapatkan informasi di Qontak namun belum mempunyai e-mail yang berbasis Google Business? Menurut Brendan, mulai bulan Maret 2016, kamu bisa mendaftar dengan menggunakan e-mail yang berbasis Microsoft Outlook atau Microsoft Exchange.

Data kontak dijamin valid

Sistem tukar menukar kontak di dalam platform Qontak membuat validitas data yang ada tetap terjaga. Apabila ada data yang tidak valid, karena pergantian alamat e-mail atau perubahan posisi di internal perusahaan, setiap pengguna bisa langsung melaporkannya untuk segera diubah. Secara berkala, Qontak juga melakukan pengecekan terhadap validitas data kontak yang mereka miliki.

Dengan Qontak, kamu bisa mencari kontak para pelaku bisnis yang bisa kamu ajak kerja sama

Dengan Qontak, kamu bisa mencari kontak para pelaku bisnis yang bisa kamu ajak kerja sama

Walaupun masih berstatus Beta, saat ini Qontak telah mempunyai database yang berisi lebih dari 50.000 kontak, dengan ribuan orang mengakses platform mereka setiap bulannya. Walaupun telah mempunyai klien berbayar dari Amerika Serikat dan Singapura, namun fokus Qontak saat ini masih pada pasar Indonesia.

Menurut Brendan, ia mempunyai mimpi kalau di masa depan Qontak bisa menjadi database utama untuk informasi kontak di Asia. Saat ini ia masih berusaha mengedukasi para pelaku bisnis kalau Qontak bisa menghubungkan mereka dengan pebisnis lain secara profesional, bukan secara personal. Ketika ditanya tentang pembuatan aplikasi mobile untuk Qontak, Brendan mengatakan kalau ia tidak akan membuat aplikasi mobile dalam waktu dekat.

Platform informasi kontak yang dibuat oleh Qontak sebenarnya bukan suatu hal yang baru. Di Amerika Serikat ada Data.com (yang dibuat oleh Salesforce), serta Zoominfo, yang juga menjalankan platform serupa. Selain itu, Qontak pun harus bersaing dengan LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia yang juga bisa berfungsi sebagai tempat berbagi informasi kontak bisnis.

Fokus Qontak terhadap pasar di Indonesia dan Asia bisa menjadi keunggulan Qontak bila dibandingkan dengan para pesaingnya. Namun hal itu juga harus diiringi dengan lebih banyak data kontak yang mereka miliki dan platform yang mudah digunakan.

About Author