April 19, 2024

Raksasa elektronik asal Cina, Xiaomi, memperkenalkan tiga produk baru lewat sebuah event yang digelar di Beijing pada tanggal 25 Oktober 2016 kemarin. Dalam ajang tersebut, Xiaomi merilis Mi Note 2 yang merupakan kelanjutan dari Mi Note, perangkat virtual reality Mi VR, serta sebuah smartphone konsep dengan desain spektakuler bernama Mi MIX. Berikut adalah informasi detail mengenai ketiga produk baru tersebut.

Mi Note 2

Xiaomi Mi Note 2 | Screenshot

Meneruskan kesuksesan Mi Note sebagai smartphone flagship yang memiliki layar besar dan berspesifikasi tinggi, kali ini perusahaan tersebut merilis iterasi keduanya yaitu Mi Note 2.

Mi Note 2 mengusung layar OLED lengkung dengan bentang 5,7 inci yang dibalut dengan rangka aluminium dan bodi berbahan dasar gelas. Lengkungan yang sama juga terdapat pada sisi bodi belakang perangkat yang membuatnya terlihat sangat mirip dengan Samsung Galaxy Note 7 yang kini telah ditarik dari pasaran.

Keputusan Xiaomi untuk meniru desain Galaxy Note7 untuk smartphone terbarunya ini mungkin merupakan ide yang baik atau justru jadi petaka. Pasalnya, rangkaian peristiwa perangkat meledak yang dialami Galaxy Note7 masih membekas di ingatan banyak orang.

Selain itu Mi Note 2 disokong oleh spesifikasi tinggi yang tidak kalah dengan jajaran ponsel pintar terbaru tahun ini. Berikut adalah spesifikasi lengkapnya:

Spesifikasi Xiaomi Mi Note 2
Bentang Layar 5,7 inci curved OLED
Resolusi Layar Full HD 1920 x 1080 piksel
Prosesor Qualcomm Snapdragon 821
Kamera Depan 8 MP f/2.0
Kamera Belakang 22.5 MP f/2.0
RAM Hingga 6 GB
Ruang Penyimpanan Hingga 256GB
Baterai 4070 mAh
Fitur lain sensor sidik jadi, USB type-C

Mi Note 2 memiliki dua varian kapasitas memori dan penyimpanan yang masing-masing dibanderol dengan harga ¥2.799 (sekitar Rp5,3 juta) dan ¥3.499 (sekitar Rp6,7 juta).

Mi VR

Xiaomi Mi VR | Screenshot

Setelah beberapa waktu dikonfirmasi kehadirannya oleh VP Xiaomi Hugo BarraXiaomi akhirnya merilis Mi VR yang merupakan perangkat VR kedua Xiaomi setelah Mi VR Play. Perangkat ini memiliki konsep mirip Daydream VR; desainnya mirip PlayStation VR.

Perangkat Mi VR memiliki sensor gerak yang akan membantu menekan angka latensi di bawah 16 ms. Selain itu terdapat juga sebuah motion controller dengan 9 axis yang memiliki kemampuan kontrol sentuh.

Tidak ketinggalan, Mi VR akan dirilis bersamaan dengan Mi VR Store yang berisi berbagai aplikasi yang menunjang ekosistem virtual reality tersebut. Perangkat ini dikabarkan kompatibel dengan lini smartphone terbaru Xiaomi yaitu Mi 5, Mi 5s, Mi 5s Plus, dan Mi Note 2. Mi VR akan dijual dengan harga ¥199 (sekitar Rp380 ribu)

Mi MIX

Xiaomi Mi MIX | Screenshot

Perangkat ketiga yang diperkenalkan Xiaomi ini merupakan pengumuman yang paling menarik. Pasalnya, tak ada rumor yang beredar seputar smartphone konsep ini.

Mi MIX mengusung desain edge-to-edge display yang melenyapkan bezel pada sisi ponsel kecuali pada bagian bawah. Desain bodi ponsel berbahan dasar keramik ini sedikit mengingatkan kita pada desain smartphone Sharp Aquos. Berikut merupakan spesifikasi lengkap dari Mi MIX:

Spesifikasi Xiaomi Mi MIX
Bentang Layar 6,4 inci IPS LCD
Resolusi Layar Full HD 2040 x 1080 piksel aspek rasio 17:9
Prosesor Qualcomm Snapdragon 821
Kamera Depan 5 MP
Kamera Belakang 16 MP f/2.0
RAM Hingga 6 GB
Ruang Penyimpanan Hingga 256GB
Baterai 4400 mAh
Fitur lain sensor sidik jadi, USB type-C, sensor proximity utralsonik, speaker piezoelectric

Xiaomi menerapkan teknologi ultrasonik untuk menggantikan sensor proximity. Terdapat pula teknologi piezoelectric yang menghantarkan getaran pada bodi ponsel untuk menghasilkan suara untuk menggantikan speaker telepon yang hilang.

Mi MIX memiliki dua varian, yaitu model dasar dengan memori 4 GB dan ruang penyimpanan 128 GB yang dijual dengan harga ¥3.499 (sekitar Rp6,7 juta) serta model tertinggi dengan memori 6 GB dan ruang penyimpanan 256 GB yang bisa ditebus dengan biaya ¥3.999 (sekitar Rp7,7 juta).

Sumber: Tech in Asia

About Author