March 29, 2024

Setelah mematikan Yahoo Messenger pada bulan Juli lalu, Yahoo kembali ke medan perang ranah perpesanan dengan meluncurkan aplikasi baru bernama Yahoo Together. Tersedia untuk perangkat iOS dan Apple, aplikasi baru ini dirancang untuk memudahkan komunikasi grup yang punya kegemaran serupa. Fitur built-in organisasi dan alat tambahan pintar lainnya membuat pengguna makin mudah mengelompokkan percakapan ke dalam topik yang berbeda.

Di Yahoo Together, pengguna dapat membuat grup dalam jenis yang bermacam-macam, seperti keluarga, teman, klub buku, dan lain sebagainya. Setiap grup mempunyai kanal percakapan yang dipisahkan berdasarkan topik. Menurut Yahoo, aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna untuk terhubung dan berkomunikasi dengan orang-orang dengan ketertarikan yang sama.

make-inside-jokes-1.0.5

Dari sisi konsep, Yahoo Together hampir mirip dengan Slack, pengguna dapat berbagi foto, video dan berkas lainnya. Semua berkas nantinya akan diunggah dan dibagikan ke wadah khusus yang bisa diakses oleh semura orang yang tergabung dalam grup tersebut. Untuk memudahkan pencarian berkas dan percakapan, Yahoo sesumbar sudah membenamkan fitur pencarian yang powerful.

bring-it-all-1.0.4

Bahkan Yahoo Together juga menawarkan fitur percakapan pribadi atau Secret Topic yang bisa dipakai misalnya untuk merencanakan kejutan ulang tahun untuk anggota grup. Lainnya, aplikasi mempunyai beberapa alat pelengkap seperti pengingat, emoji, selfie, reaksi yang bisa dikostum dan juga pengingat massal guna memastikan semua orang membaca pesan yang dikirimkan.

Sebelum ini, Yahoo Together sejatinya punya nama lain, yaitu Squirrel yang beberapa saat lalu diberitakan masih berlabel beta untuk digodok secara intens. Kini, Squirrel alias Yahoo Together sudah tersedia di App Store dan Play Store tanpa harus menggunakan undangan.

 

Belum kelihatan akan seberapa hangat sambutan publik terhadap kehadiran Yahoo Together. Dan ini bukan percobaan yang pertama. Sebelumnya mereka juga sudah meluncurkan aplikasi bernama Tanda yang ditutup hanya beberapa bulan setelah dirilis. Tampaknya, kabar mengenai bobolnya miliaran akun Yahoo lima tahun silam masih menghantui mantan pengguna Yahoo.

Sumber berita AndroidPolice.

About Author