April 24, 2024

Seperti yang kita tahu, mayoritas browser menawarkan fitur semacam mode private yang memungkinkan kita untuk mengunjungi berbagai situs tanpa tercatat di history. Di Chrome, fitur ini dinamai Incognito Mode, dan fitur yang sama rupanya sedang diuji untuk aplikasi YouTube versi Android. Tidak peduli untuk apa Anda menggunakannya, yang pasti fitur Incognito ini ada banyak manfaatnya. Di YouTube, history menonton maupun pencarian bakal dihentikan untuk sementara waktu ketika mode Incognito aktif. Subscriptions juga tidak akan berfungsi selagi mode ini aktif.

Efeknya kurang lebih sama seperti ketika kita menggunakan aplikasi YouTube tanpa login dengan akun masing-masing, hanya saja Incognito menawarkan cara yang lebih praktis. Untuk kembali seperti normal (login), tinggal nonaktifkan mode Incognito. Mode ini juga akan mati secara otomatis setelah beberapa waktu kita meninggalkan aplikasi.

Tampilan fitur Incognito pada aplikasi YouTube versi Android / Android Police
Tampilan fitur Incognito pada aplikasi YouTube versi Android / Android Police

Opsi untuk mengaktifkan Incognito nantinya dapat diakses lewat menu akun dengan mengklik foto profil yang ada di ujung kanan atas. Kalau biasanya cuma ada pilihan “Switch account” dan “Sign out”, nantinya akan muncul pilihan “Turn on Incognito”, dan kedua opsi tadi akan dijadikan satu. Selagi aktif, foto profil pengguna bakal digantikan oleh icon Incognito.

Belum ada kepastian kapan fitur ini akan dirilis ke publik secara luas, atau apakah versi iOS-nya juga bakal kebagian jatah. YouTube saat ini baru mengujinya bersama segelintir pengguna saja, jadi bersabar saja menunggu.

Sumber: Daily Social

About Author