10 Fitur Baru di macOS Mojave

Apple telah merilis macOS terbarunya yang diberi nama macOS Mojave. Versi publik dari macOS 10.14 ini mengenalkan segudang pembaruan; mulai dari Dark Mode pada seluruh sistem, aplikasi baru tambahan seperti Apple News & Home, sampai soal bagaimana cara pengguna merapikan desktop miliknya.

Kesediaan

MacOS Mojave bisa diunduh secara gratis lewat Mac App Store. Namun sayangnya, kesediaan tersebut tidak berlaku bagi semua Mac. Berikut daftar Mac yang masih didukung oleh macOS Mojave menurut Apple:

  • MacBook Pro: pertengahan tahun 2012 keatas
  • MacBook Air: pertengahan tahun 2012 keatas
  • MacBook: semua model
  • iMac Pro: semua model
  • iMac: akhir tahun 2012 keatas
  • Mac Mini: akhir tahun 2012 keatas
  • Mac Pro: akhir tahun 2013 keatas, pertengahan tahun 2010 dan pertengahan tahun 2012 model dengan kartu grafis yang telah mendukung Metal.

Selamat Datang macOS Mojave!

OS versi terbaru milik Apple ini mengenalkan cara baru kepada pengguna untuk meningkatkan bagaimana cara mereka bekerja secara efektif dengan banyak file dan soal mengakses informasi. Perubahan yang terjadi disana-sini sayangnya harus mengorbankan sejumlah hal lain, seperti ditinggalkannya semua aplikasi yang masih memiliki infrastruktur 32-bit. Tidak hanya itu saja, fitur Back to my Mac akhirnya harus dihapus di macOS Mojave.

Berikut ini 10 fitur terbaru di macOS Mojave yang harus kamu coba segera:

1. Dark Mode

Seperti terlihat dari namanya, fitur baru dari macOS Mojave ini akan membuat warna Dock dan menu bar dari Mac milik pengguna menjadi gelap. Perubahan terjadi secara menyeluruh, termasuk pada sistem dan aplikasi, termasuk aplikasi bawaan seperti Finder, Safari, Photos, dan iTunes, serta aplikasi pihak ketiga seperti 1Password, Things, Spark. Lewat fitur ini, Mac yang tadinya tampil putih menyala menjadi hitam gelap, membuat mata lebih nyaman saat bekerja pada malam hari.

Pengguna bisa merubah secara manual antara Light Mode dan Dark Mode lewat System Preferences, dibawah General. Sayangnya, untuk saat ini tidak ada opsi untuk merubah antara dua mode tersebut secara otomatis. MacOS Mojave juga mengenalkan 8 tampilan warna berbeda yang bisa digunakan pengguna untuk merubah tampilan Mac miliknya.

2. Stacks, Cara Baru Merapikan Desktop

Lewat Stacks, pengguna tidak lagi dipusingkan dengan banyaknya file yang tersebar di desktop setelah Mac digunakan untuk bekerja. Stacks secara otomatis merapikan, memilah file, dan menyatukannya ke dalam satu folder berdasarkan tipe, seperti file gambar, file presentasi, file PDF, dan file text.

Pengguna bisa merubah aksi dari Stacks sesuai dengan keinginan mereka. Seperti meminta Stacks untuk mengatur file berdasarkan atribut, termasuk tanggal ataupun tag. Stacks kemudian bisa diakses dengan hanya satu kali klik untuk melihat semua file yang ada di dalamnya.

3. Dynamic Desktop

Penampilan berubah tidak hanya terjadi dari dalam saja, namun juga dari luar. Untuk pertama kalinya, macOS Mojave mengenalkan fitur baru yang akan merubah background seiring dengan berjalannya waktu dalam sehari.

Background Mac yang menampilkan padang gurun pasir akan memiliki langit yang terang di pagi hari, namun menjelang malam, langit akan menjadi gelap seperti layaknya di dunia nyata.

3. Finder Dengan Berbagai Fitur Baru

Lewat tampilan Gallery di Finder yang baru, pengguna dapat melihat semua file dengan visual yang lebih jelas, sementara Preview Pane akan memperlihatkan informasi metadata mengenai file terkait, mempermudah pengguna dalam menyeleksi berbagai aset media.

Quick Actions sekarang menjadi lebih kuat dan kaya. Pengguna tidak hanya bisa melihat saja, tapi juga mengedit dokumen PDF, serta menjalankan Automator Actions kustom. Bahkan, pengguna tidak lagi harus membuka foto dan video untuk melakukan perubahan, karena semua itu dapat dilakukan lewat Quick Actions.

4. Screenshot

Jika sebelumnya Screenshot hanya soal mengambil gambar saja, maka sekarang di macOS Mojave, pengguna dapat secara langsung mengambil video.

Fitur ini bisa diakses dengan menekan Shift-Command–5, yang kemudian akan membuka sebaris kontrol untuk pengambilan gambar atau video, termasuk opsi untuk mengatur timer, dan dimana hasilnya akan disimpan.

5. Continuity Camera, Kerjasama Antara iPhone, iPad, & Mac

Pernah kesulitan saat harus mengambil gambar dan memindahkannya ke Mac? Kini, hal tersebut bisa lebih mudah dilakukan. Lewat fitur Continuity Camera, pengguna bisa mengambil objek foto melalui iPhone, dan hasilnya dapat dilihat langsung di Mac.

Pengguna hanya tinggal memilih “Import From” pada aplikasi Pages, Keynote, Numbers, Notes, Mail, dan aplikasi apapun yang telah mendukung fitur Continuity Camera.

6. News, Stocks, Voice Memos, & Home

Keempat aplikasi ini tadinya hanya tersedia di iOS saja. Tapi lewat macOS Mojave, aplikasi News, Stocks, Voice Memos, dan Home kini menjadi lebih berguna.

Aplikasi News akan memberikan pengguna sebuah tempat dimana mereka bisa mendapatkan berita terbaru terpercaya, yang informasinya terlah terkurasi oleh para editor, sesuai dengan apa yang disukai oleh pengguna.

Aplikasi Stocks menunjukkan bagaimana keadaan pasar terkini, sesuai dengan apa yang pengguna inginkan.

Dengan aplikasi Home, pengguna dapat mengendalikan semua perangkat aksesoris HomeKit lewat Mac, mulai dari mengatur suhu ruangan, menyalakan dan mematikan lampu, sampai menjaga adek bayi lewat baby monitor.

Tidak ketinggalan aplikasi Voice Memos, yang mempermudah pengguna dalam menuliskan catatan pribadi, seperti perkuliahan, rapat, hasil wawancara, sampai ide lagu. Semuanya bisa langsung dilakukan lewat microphone yang terdapat pada setiap Mac. Kemudian pengguna bisa mengaksesnya langsung lewat iCloud pada iPhone, iPad, ataupun Mac.

7. Berpetualang Di Mac App Store Baru

OS baru Mac App Store baru, semua ini pertama kalinya diperkenalkan pada macOS Mojave. Mac App Store telah dirubah total, sehingga pengguna akan lebih mudah untuk menemukan aplikasi yang diinginkan.

Lewat tab Discover, Mac App Store akan mempamerkan sederetan aplikasi untuk Mac yang mungkin akan berguna bagi pengguna. Sementara tab Create, Work, Play, dan Develop akan membantu pengguna untuk menemukan aplikasi, yang bisa membantu mereka untuk menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya lebih spesifik.

Bukan hanya soal bekerja, Mac App Store juga memiliki tab Games yang akan menampilkan berbagai macam game menarik seperti Alto’s Adventure dan The Gardens Between.

8. Berselancar Lebih Aman Dengan Safari

Hal menarik yang ada pada Safari terbaru ini adalah adanya fitur Intelligent Tracking Prevention dengan mesin yang baru, memungkinkan pengguna secara lebih mudah menjaga informasi yang keluar dari Mac.

Hal tersebut menjaga informasi pengguna untuk tetap aman di tempatnya, sehingga situs yang diakses pengguna tidak bisa melakukan tracking.

Fitur lainnya yang tidak kalah keren adalah adanya manajemen password, dimana Safari bisa menawarkan pilihan membuat password, mengisi otomatis, dan menyimpan password yang kuat ketika pengguna membuat akun online baru. Jika dirasa password tersebut sudah pernah digunakan, maka Safari akan otomatis memperingatkan pengguna untuk menggantinya.

9. Siri

Siri memang sudah diperkenalkan sejak hadirnya macOS Sierra, tapi sekarang Siri menjadi jauh lebih pintar dari sebelumnya. Kini, pengguna bisa meminta Siri untuk semua aksi yang berkaitan dengan HomeKit. Bahkan, Siri bisa digunakan untuk melihat informasi tentang password lho!

10. FaceTime

Sama halnya dengan Siri, FaceTime mungkin telah ada jauh sebelum macOS Mojave. Namun sekarang FaceTime telah mendukung 32 orang untuk melakukan Group FaceTime. Sayangnya, pengguna harus bersabar karena fitur ini tidak hadir bersama versi 10.14.

Percaya tidak percaya, 10 fitur terbaru tadi hanyalah sebagian kecil dari apa yang baru dari macOS Mojave. Namun apalah gunanya jika hanya cuma cerita saja. Kamu harus mencobanya sendiri untuk melihat bagaimana setiap fiturnya bekerja.

Sumber: Make Mac