February 21, 2024

Kabar mengejutkan dari pencipta teknologi AI ChatGPT yaitu Sam Altman belum selesai. Baru saja dipecat oleh jajaran direksi OpenAI, perusahaan ChatGPT, kini dia langsung bergabung ke perusahaan baru yaitu Microsoft.


Kabar ini disampaikan langsung oleh Microsoft lewat blog resmi mereka. Tidak tanggung, CEO Microsoft yaitu Satya Nadella langsung yang mengumumkan kabar ini, Sam Altman dan co-founder ChatGPT yaitu Greg Brockman resmi bergabung di Microsoft.

“Kami dengan gembira menyampaikan bahwa Sam Altman dan Greg Brockman, bersama rekannya akan bergabung dengan Microsoft untuk memimpin tim penelitian AI tingkat lanjut yang baru,” tulis Satya Nadella.

Advertisement

Meskipun begitu hubungan baik antara Microsoft dan OpenAI akan tetap terjaga. Diketahui bahwa Microsoft menjadi penyedia platform pendukung ChatGPT termasuk kemitraan ke depan yang sempat diumumkan pada acara Microsoft Ignite.

Dalam unggahan di X, sebelumnya Twitter, Altman mengonfirmasi hal ini dengan mengunggah ulang atau repost kicauan Nadella terkait pemberitahuan informasi tersebut, dengan pesan bertuliskan Misi Berlanjut.

Nadella merespon dengan memberikan sejumlah petunjuk terkait pandangannya terhadap peran CEO baru Altman di Microsoft. Nadella menyebut pihaknya telah banyak belajar dalam beberapa tahun terakhir, memberikan pendiri dan inovator ruang untuk membangun identitas mandiri dan budaya di dalam Microsoft, termasuk GitHub, Mojang Studio, dan LinkedIn. 

Petinggi Microsoft ini juga menyampaikan harapannya agar Altman mampu melakukan hal yang telah pihaknya lakukan tersebut. Mengutip The Verge, Microsoft umumnya hanya menugaskan jabatan CEO kepada pemimpin dari bisnis terpisah atau bisnis besar di dalam perusahaan software raksasa tersebut.

Bos Xbox Phil Spencer baru-baru ini ditunjuk sebagai CEO Microsoft Gaming, dan Microsoft mempertahankan posisi CEO pada sejumlah perusahaan yang diakuisisinya, termasuk GitHub, LinkedIn, Mojang, dan Activision Blizzard.

Brockman juga mengungkap bahwa tim baru di Microsoft ini akan didukung sejumlah talenta utama OpenAI. Direktur penelitian OpenAI Jakub Pachocki, akan bergabung dan menjabat posisi yang belum bernama di tim penelitian AI tingkat lanjut Microsoft ini.

Menurut Brockman, ilmuwan penelitian OpenAI Szymon Sidor dan kepala kesiapan OpenAI Aleksander Madry juga bergabung dalam posisi kepemimpinan di Microsoft. Pegawai OpenAI juga mengunggah di X, menyebut bahwa OpenAI bukanlah apa-apa tanpa talenta pendukungnya, mengindikasikan lebih banyak pegawai yang akan mengundurkan diri.

Tim penelitian AI tingkat lanjut baru Microsoft, yang dipimpin oleh Altman dan Brockman ini, diumumkan beberapa pekan setelah Microsoft mengumumkan pihaknya tengah membangun chip AI khusus karyanya.

Chipset ini diklaim dapat digunakan untuk melatih Large Language Model (LLM) dan berpotensi menghindari ketergantungan beranggaran besar terhadap Nvidia. Microsoft juga membangu CPU berbasis ARM karyanya untuk workload cloud. Kedua chipset silikon kustom ini dirancang untuk mendukung data center Azure milik Microsoft.

Sumber: Medcom

About Author