April 27, 2024

Semenjak kehadiran Tech in Asia di Indonesia pada tahun 2011 lalu,  banyak sekali perkembangan menarik seputar startup di Indonesia terutama 3 tahun belakangan ini. Sekarang produk startup sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari, dan saya tidak bisa membayangkan apa jadinya jika startup seperti GO-JEK, Tokopedia, Traveloka atau Bukalapak tidak ada.

Hal ini juga mendorong para profesional, pengguna, dan media untuk semakin terlibat dalam ekosistem startup di Indonesia, tentunya masing-masing dengan perannya tersendiri. Media mainstream juga sudah mulai merambah dunia startup. Tentunya, ini adalah hal yang baik karena eksposur startup semakin luas lagi. Namun kemunculan beberapa media yang fokus membahas dunia startup juga perlu mendapatkan apresiasi tersendiri.

Dengan misi untuk melayani dan juga membangun komunitas serta ekosistem teknologi di Indonesia, kami merasa senang beberapa nama baru mulai muncul untuk mengulas dunia startup. Kami ingin kamu juga mengenal mereka dan mendapatkan berita startup terbaru di Indonesia. Jadi tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ini adalah media yang aktif memberitakan startup untuk kamu:

1. Startupbisnis

Berita Startup|Startupbisnis

Kamu yang kerap mencari informasi seputar entrepreneurship, marketing, dan startup mungkin sebagian besar di antara kamu sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini. Startupbisnis adalah sebuah media online yang mencoba untuk mengupas topik-topik yang sedang hangat di dunia startup, keuangan, leadership dan manajemen, serta sales dan marketing.

Dirintis oleh Denny Santoso dan Rhein Mahatma pada 2012 silam, Startupbisnis berdedikasi untuk menolong entrepreneur Indonesia supaya mereka dapat mewujudkan ide bisnis dengan strategi yang tepat. Startupbisnis berusaha mendukung hal tersebut dengan memberikan informasi tentang ranah kompetisi startup di tanah air kepada pembaca mereka.

Selain informasi dalam bentuk artikel dan berita, Startupbisnis.com juga rutin mengadakan webinar (seminar via website) untuk membagikan keahlian mereka di dunia startup dengan pembaca setia mereka. Bila kamu berminat untuk mendapatkan materi pembelajaran eksklusif dari Startupbisnis, segera daftarkan email kamu di website mereka.

2. DailySocial.id

Berita Startup|DailySocial

DailySocial.id lahir dari peleburan DailySocial.net yang berfokus pada konten bisnis teknologi dan Trenologi yang membahas seputar gaya hidup teknologi. Mereka merupakan salah satu media yang sudah lama berkecimpung di dunia startup dengan berbagai kegiatan yang juga sudah mereka lakukan.

Bahasan yang ada di DailySocial.id cukup beragam, mulai dari startup, ulasan produk teknologi, sampai video game. Selain menyajikan berbagai berita perkembangan teknologi di tanah air, DailySocial juga memiliki fitur Deals yang berisi penawaran menarik dari berbagai produk teknologi.

3. Tech in Asia Indonesia

Berita Startup|TechinAsia

Jika kamu sering mengunjungi Tech in Asia Indonesia maka kamu juga berada di tempat yang tepat untuk mendapatkan berita terbaru dari dunia startup & teknologi. Setahun setelah didirikan oleh Willis Wee, Tech in Asia Indonesia hadir melayani dan membangun komunitas teknologi yang ada di Indonesia.

Tech in Asia Indonesia juga memiliki beberapa event rutin seperti DevTalk yang mengakomodasi komunitas developer, dan tentunya Tech in Asia Conference, yang setiap tahun diadakan di empat negara: Singapura, India, Tokyo, dan Indonesia. Pastikan juga kamu cek artikel rutin kita seperti Bedah Kantor, Tech Jobs, dan lainnya.

Selain berfokus di media, kami juga mempunyai Tech in Asia Conference yang merupakan perhelatan startup terbesar di Asia yang mempertemukan ribuan partisipan dari kalangan startup, praktisi industri, founder, hingga para venture capitalist.

4. Hitsss

Berita Startup|Hitsss

Bermodalkan sebuah situs web dengan desain antarmuka yang apik serta mudah diakses, Hitsss hadir di ranah media tanah air untuk menyajikan beragam informasi untuk para pembaca setianya, mulai dari keuangan, gaya hidup, hingga teknologi dan startup. Media yang dikelola oleh Mobiliari Group ini berusaha untuk menjadi destinasi online utama bagi para kaum muda pembawa perubahan.

Dengan konten yang mereka sajikan, Hitsss berupaya untuk mendukung serta mempromosikan budaya kewirausahaan, startup, dan kreativitas di Indonesia melalui sajian berbagai cerita menarik seputar kehidupan startup di tanah air. Selain itu, pembaca juga akan mendapatkan berbagai tips menarik dari para pelaku industri startup tanah air melalui kolom Strategi.

Hitsss juga memiliki beberapa acara yang pernah mereka adakan seperti Hitsss Talks 2016 yang menghadirkan berbagai pembicara dari berbagai bidang mereka. Hitsss Talks 2016 bertujuan untuk membahas isu-isu utama yang ada pada ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia.

5. Teknopedia

Berita Startup|Teknopedia

Salah satu website yang menurut kami cukup mengakomodasi kebutuhan para peminat startup dalam negeri dan ekosistemnya adalah Teknopedia. Hal ini mereka wujudkan dengan menghadirkan berita, wawancara dengan para praktisi di industri, event, serta liputan terdepan tentang startup.

Kamu dapat langsung menemukan berita startup ketika kamu membuka halaman web Teknopedia.Asia. Selain itu, bagi kamu yang baru saja terjun di dunia startup dan masih bingung, dapat mengunjungi kolom #Panduan Dasar. berbagai hal yang akan kamu temui ketika bertualang di dunia startup.

6. MaxManroe

Berita Startup|Maxmanroe

Walaupun bertajuk situs web untuk belajar internet marketing, tidak semata-mata membuat MaxManroe hanya menjadi sebuah situs pembelajaran. Website ini juga membahas beragam topik terkini seputar blogging, internet marketing, media sosial, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, serta konten lain yang tak kalah menarik.

MaxManroe.com secara apik mengupas hal-hal yang terjadi di ranah startup Indonesia. Selain itu, website ini juga menghadirkan deretan tips yang dapat kamu manfaatkan apabila kamu ingin mendirikan perusahaanmu sendiri. Ada juga Kolom Inspirasi & Motivasi yang menyajikan kisah sukses dari berbagai tokoh terkenal baik dari dalam maupun luar negeri.

Sumber: Tech in Asia

About Author