Fitur Baru Instagram untuk Pengguna dengan Gangguan Penglihatan

Instagram punya fitur baru untuk membantu pengguna dengan gangguan penglihatan dalam menikmati layanan mereka. Dalam catatan yang dibagikan, Instagram berharap lebih dari 285 juta orang dengan gangguan penglihatan dapat memperoleh kemudahan akses tambahan dengna fitur ini.

We are introducing two new improvements to make it easier for people with visual impairments to use Instagram. With more than 285 million people in the world who have visual impairments, we know there are many people who could benefit from a more accessible Instagram.

Fitur pertama bernama teks alternatif otomatis. Gunanya adalah mendapatkan deskripsi foto secara otomatis dengan mode audio. Fitur ini bekerja dengan teknologi Screen Reader yang dapat diakses pada bagian Feed, Explire dan Profiles.

Instagram menjelaskan bahwa fitur ini menggunakan teknologi pengenalan objek untuk mendapatkan deskripsi dari foto yang kemudian dibaca oleh teknologi screen reader. Pengguna dengan gangguan penglihatan dapat mendegarkan daftar objek yang ada di dalam foto tersebut.

Fitur kedua adalah teks alternatif khusus. Pengguna dapat menambahkan deskripsi yang lebih lengkap untuk foto yang akan diunggah. Dengan cara ini, pengguna fitur screen reader dapat membaca penjelasan yang kamu tulis pada bagian deskripsi.

Sumber: Make Mac