Google Pixel Slate Ramaikan Tren Tablet Chrome OS

Tahun lalu, duo Pixel 2 datang bersama laptop Chrome OS premium bernama Pixelbook. Google ingin mengulang kembali tradisi tersebut: duo Pixel 3 tahun ini datang bersama perangkat Chrome OS baru bernama Pixel Slate. Dari namanya sebenarnya sudah ketahuan bahwa ia merupakan sebuah tablet ala Acer Chromebook Tab 10 yang dirilis beberapa bulan lalu. Namun jika dibandingkan perangkat itu, Pixel Slate lebih superior di banyak aspek sekaligus.

Di sektor layar misalnya, Google telah menyematkan panel LCD 12,3 inci dengan resolusi 3000 x 2000 pixel (293 ppi). Tentu saja layar sentuh ini kompatibel dengan stylus Pixelbook Pen yang dirilis tahun lalu.

Google Pixel Slate

Google menawarkan banyak konfigurasi spesifikasi buat Pixel Slate. Berikut rinciannya:

  • Prosesor Intel Celeron, RAM 4 atau 8 GB, SSD 32 atau 64 GB
  • Intel Core m3, RAM 8 GB, SSD 64 GB
  • Intel Core i5, RAM 8 GB, SSD 128 GB
  • Intel Core i7, RAM 16 GB, SSD 256 GB

Semua itu dikemas dalam bodi aluminium yang tebalnya tidak lebih dari 7 mm, dengan kisaran bobot 721 gram. Berbekal baterai berkapasitas 48 Wh, Pixel Slate diestimasikan dapat digunakan sampai 12 jam nonstop sebelum akhirnya perlu diisi ulang via sambungan USB-C.

Port USB-C di Pixel Slate ternyata ada dua, yang satunya dapat digunakan untuk menghubungkan display 4K. Di samping itu, perangkat turut dibekali konektor khusus untuk menancapkan aksesori opsional Pixel Slate Keyboard, yang juga berfungsi sebagai folio cover.

Google Pixel Slate

Sebagai sebuah tablet, Pixel Slate tak lupa membawa kamera depan sekaligus belakang. Di depan, ada kamera wide-angle 8 megapixel f/1.9, sedangkan di belakang 8 megapixel f/1.8. Keduanya sama-sama bisa merekam video dalam resolusi maksimum 1080p 30 fps. Sensor sidik jarinya sendiri disatukan dengan tombol power.

Rencananya, Google Pixel Slate bakal dipasarkan tahun ini juga di Amerika Serikat, Kanada dan Inggris. Harganya dipatok mulai $599 untuk varian dengan spesifikasi terendah, sedangkan aksesori Pixel Slate Keyboard dan Pixelbook Pen masing-masing dibanderol $199 dan $99.

Sumber: Google.