May 19, 2022

Joox Ramaikan Pasar Aplikasi Streaming Musik Gratis!

Gencarnya Apple Music menginvasi layanan streaming musik di dunia ternyata tidak menyurutkan minat pelaku startup untuk menceburkan diri ke ranah ini. Salah satunya adalah Joox, (20/10) meluncurkan layanan mereka di Indonesia. Lalu apa saja yang menjadi keunggulan layanan streaming musik ini?

Hadirkan sensasi karaoke

Tentu kamu penasaran apa yang menjadi fitur unggulan dari Joox. Manager Konten Joox Indonesia, Girindra Prabowo, mengatakan bahwa layanan streaming musik ini mengusung fitur layaknya mesin karaoke dengan nama Lyrics.

jooxFitur lengkap dan serba gratis

JOOX memberikan pengalaman mendengarkan musik jadi lebih menyenangkan. Aplikasi ini membuat penggunanya menghemat memori penyimpanan data di ponsel mereka, karena tidak perlu lagi menyimpan puluhan lagu di dalam ponsel.

Selain itu, JOOX dapat digunakan siapa saja dan kapan saja, karena JOOX memberikan layanan freemium alias gratis kepada penggunanya. Girindra Prabowo (Oki), General Manager JOOX Indonesia, mengungkapkan, JOOX bersifat cross platform dari web-based ke dalam aplikasi mobile untuk Android dan iOS. Bila berlangganan layanan VIP, pengguna dapat mengunduh lagu apapun yang diinginkan, dan dapat diperdengarkan lagi saat tidak terhubung dengan koneksi internet.

Bagi kamu yang gemar berkaraoke, JOOX dilengkapi dengan lirik lagu bergerak mengikuti lagunya. Aplikasi ini bahkan dilengkapi dengan timer, untuk mengatur waktu dalam mendengarkan musik. Fitur ini sangat berguna bagi yang kerap tertidur sambil mendengarkan musik. Selain itu, JOOX dapat digunakan sebagai default pemutar musik ponsel, dengan memindahkan semua lagu yang ada di memori ponsel.

Tampilan dan susunan fitur juga dirancang simpel dan mudah diakses. Tema-tema dari tampilan dapat diubah-ubah sesuka hati. Berbagi kepada teman-teman di media sosial juga menjadi kesenangan tensendiri dalam menggunakan JOOX, karena dapat terhubung dengan Facebook dan WeChat. Pengguna pun dapat memperoleh free VIP saat berbagi di media sosial.

Konten di JOOX dipilih oleh kurator musik yang berpengalaman terhadap tren dan bisnis musik di Indonesia. Oleh sebab itu, JOOX dapat terlokalisasi dengan penikmat musik di Indonesia, dengan sajian kontennya yang disesuaikan dengan selera musik masyarakat Indonesia. Fitur radio dapat memberikan pengguna JOOX lagu-lagu yang tiada habisnya, yang dapat dipilih sesuai genre atau mood lagu yang diinginkan pengguna.

14e08a23298795.54faf9e900b63

Monetisasi

Aplikasi ini menjadi unggul karena memanjakan pengguna tanpa memungut biaya. “JOOX memiliki layanan berlangganan (VIP) yang memiliki banyak keuntungan. Selain memiliki akses bebas terhadap semua lagu yang kamu inginkan, kamu juga dapat mengunduhnya dan didengarkan kembali tanpa perlu koneksi internet. VIP juga memiliki empat pilihan frekuensi lagu,” ungkap Benny perihal model bisnis JOOX. Layanan VIP ini memiliki beberapa pilihan, mulai dari Rp 25 ribu per minggu, hingga Rp 509 ribu per tahun.

Benny menambahkan, afiliasi JOOX dengan label-label musik di Indonesia juga merupakan salah satu kerja sama saling menguntungkan. “Di satu sisi, pengguna memiliki akses untuk mendengarkan lagu-lagu musisi favorit mereka. Di sisi lain, para musisi akan semakin terekspos karya-karyanya,” ujar Benny.

Wisnu Surjono, Managing Director Universal Music Indonesia, menyambut baik kehadiran JOOX dan menjadi mitra JOOX. “Fitur-fitur inovatif platform streaming JOOX ini merupakan jalan bagi konsumen untuk mengakses katalog musik kami dengan cara baru yang menyenangkan. JOOX akan mengubah wajah industri musik lokal melalui musik-musik legal kepada konsumen,”