Moka POS, Aplikasi untuk Mencatat Transaksi Data Penjualan Secara Cepat dan Mudah

Perangkat iPad memang bisa diandalkan untuk melakukan banyak hal, salah satunya adalah kegiatan mencatat penjualan dengan istilah POS – Point of Sale. Ya, kamu dapat menjadikan iPad sebagai alat untuk mengakses data online shop pengisi waktu luang kamu misal atau bisnis retail besar yang selama ini belum memiliki aplikasi POS profesional.Salah satunya adalah Moka POS dari pengembang berbakat asli Indonesia, Grady Laksmono.

Mengenal Moka POS

Layaknya standar aplikasi POS, kamu dapat melakukan beragam hal seputar penjualan dan inventory. Mulai dari membuat kategori barang, stok, harga, keterangan tambahan dan membuat laporan bisnis dengan cepat. Hal pertama yang kamu butuhkan dari Moka POS adalah menginstalnya di perangkat iPad dan membuat akun pengguna. Mudah kok, dijamin anti ribet dengan tampilan yang tetap sederhana.

Catat Dulu Barang Jualan Kamu!

Setelah membuat akun dengan deskripsi jenis toko yang kamu buat dan konfirmasi via email, saatnya masuk ke halaman pertama Moka POS. Pengguna akan diberi tutorial singkat untuk membuat kategori barang, nama barang dan detail lainnya. Saya sudah mencoba bagian ini dan rasanya begitu mudah dan detail – bahkan kamu dapat memberikan foto untuk detail setiap barang yang dijual.

Berpindah ke halaman utama, Moka POS akan menampilkan halaman putih dengan 4 tombol di bagian bawah. Paling kiri adalah tombol untuk masuk ke sub-menu Register, Activity dan Settings. Di sebelahnya dengan ikon bintang adalah halaman Favorites untuk akses cepat setiap barang yang dijual dengan bentuk ikon. Ikon berikutnya adalah Library yang berisi semua data barang dan terakhir kalkulator untuk memberikan data tambahan di setruk belanja.

Cara Membuat Struk Belanja

Setelah selesai mencatat setiap barang, membuat program diskon atau detail lainnya, yuk coba buat catatan penjualan. Masuk ke tombol Library atau Favorites kemudia pilih barang yang dibeli oleh pelanggan kamu. Detail tampilan belanjanya akan tampil di sisi kiri layar dengan nama formulir New Customer. Tekan ikon di sisi kirinya untuk memberikan detail data pelanggan baru – mulai dari email, nama, telepon dan beragam hal lainnya. Akhiri pengaturan ini dengan menekan tombol Save.

Nah lanjutkan proses pembayaran ini dengan menekan tombol Charge di bagian bawah. Moka POS akan memberikan jendela baru dengan mode tagihan yang dapat dibayarkan dengan sistem uang cash, kartu debit atau pembayaran lainnya (mesin EDC, Gift Card atau lainnya). Untuk opsi selain cash dapat kamu baca lebih lengkap di web Moka POS ya.

Akses Catatan Lengkap Lewat Web

Setelah banyak membahas app Moka POS di iPad, saatya berpindah ke tampilan lengkapnya di web mokapos.com. Pemilik akun dapat langsung login dan melihat data lengkapnya disana – mulai dari Dashboard, Reports, Library, Customers dan juga Employees. Banyak sekali detail pengaturan yang dapat kamu temukan disini untuk membuat data toko kamu lebih lengkap dan informatif. Contohnya adalah data nama pelanggan dan history belanja yang mereka lakukan, notifikasi jika stok barang sudah mulai menipis, atau beragam hal lainnya.

Download Aplikasi Moka POS:

en_badge_web_generic index

Sumber: Make Mac