April 27, 2024

Setelah diluncurkan secara terbatas pada Agustus 2015 lalu, akhirnya Google secara resmi memboyong aplikasi YouTube Gaming ke Indonesia mulai hari ini. Dengan demikian, para gamer mobile Indonesia yang ingin menikmati konten video game di YouTube dapat mengakses beragam video tentang game favorit masing-masing dengan lebih mudah.

YouTube Gaming merupakan layanan khusus dari YouTube yang khusus menyajikan konten bertema video game. Tidak ada hal lain selain game di YouTube Gaming, sehingga kamu tidak akan menemukan video tentang kucing-kucing menggemaskan, pertunjukan musik, atau video klip lagu-lagu populer di sini. Terdapat tiga fitur populer yang terdapat dalam YouTube Gaming, yaitu:

  1. Personalisasi – Jenis video yang ditampilkan oleh YouTube Gaming akan berbeda untuk setiap pengguna. YouTube Gaming akan menyarankan beragam video untuk ditonton berdasarkan histori judul game yang telah dilihat selama ini. Kamu juga dapat mencari beragam konten berdasarkan judul game, penerbit, atau channel gaming di YouTube.
  2. Konten Live YouTube Gaming menghadirkan fitur menonton tayangan live-streaming secara lebih kentara. Kamu dapat menonton beragam video yang ditayangkan langsung oleh para gamer dari seluruh dunia dengan memilih beragam channel di bagian atas antarmuka YouTube Gaming.
  3. Komunitas – Beragam event seputar video game, seperti ajang E3, Gamescom, PAX, atau Uncovered: Final Fantasy XV yang digelar 31 Maret lalu, ditayangkan secara langsung lewat YouTube Gaming. Google berencana untuk menyiarkan lebih banyak event bertema video game ke depannya.

 

Khusus untuk aplikasi YouTube Gaming versi Android, kamu dapat merekam permainan kamu di layar perangkat, atau menyiarkannya secara langsung lewat fitur live-streaming. Aplikasi akan memanfaatkan kamera depan yang tertanam di perangkat portabel untuk merekam ekspresi kamu saat bermain game, dan menambahkannya ke video yang direkam sehingga para penonton dapat melihat wajah kamu saat bermain.

3-live-chat2

Dibandingkan saat menggunakan Twitch, pengalaman saya menonton tayangan live-streaming di YouTube Gaming terasa lebih lancar dan enteng. Semoga ke depannya Google menghadirkan inovasi lagi sehingga menonton video di YouTube, khususnya YouTube Gaming, tidak menghabiskan kuota internet yang besar.

About Author